LSM Progress : Ada Apa Dana Kelurahan di Luwu

05 April 2021 15:24
LSM Progress : Ada Apa Dana Kelurahan di Luwu
Ahmad Koordinator LSM PROGRESS Luwu Raya
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — LSM Progress mempertanyakan pengelolaan dana kelurahan di Kabupaten Luwu, Sulsel

Hal ini disampaikan Ahmad Koordinator LSM PROGRESS Luwu Raya ketika menjelaskan kepada BugisPos, Senin (5/4/2021), usai melayangkan surat pengaduannya ke Polres Luwu terkait dugaan pengelolaan Dana Kelurahan yang menurutnya tidak sesuai dengan prosedur atau aturan yang berlaku.

Lebih jauh Ahmad menjelaskan, “kalau kita mengacu pada Permendagri No. 130 tahun 2018 Tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan, Serta Surat Edaran Mentri Dalam Negeri Nomor 146/2694/SJ Tentang Petunjuk pelaksanaan Peraturan Mentri Dalam Negri No.130 tahun 2018 Tentang Kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan Tahun Anggaran 2019” adalah sangat Jelas kalau Dana Kelurahan itu sifatnya Swakelola, Artinya “Kelompok masyarakatlah” yang ada di kelurahan itu yang mengelola anggaran tersebut, yang mana sesuai dengan program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat di setiap kelurahan.

“Kita ambil contoh Dana Kelurahan di Kota Palopo dari 48 Kelurahan.
Dana Kelurahan tahun anggaran 2019 dan 2020 semua nya di Swakelolakan atau semua di kelola oleh kelompok Masyarakat ( Pokmas ) tanpa satupun yang dipihak ketigakan,” ujarnya.

Namun terindikasi berbanding terbalik dengan Dana Kelurahan yang ada di kabupaten Luwu, lanjut Ahmad dari hasil penelusuran serta investigasi kami dari Tim LSM PROGRESS, telah kami temukan Beberapa Kelurahan yang mengatakan bahwa Dana Kelurahan mereka di pihak Ketigakan.

Ahmad mewakili LSM PROGRESS, telah mengadukan persoalan tersebut ke Polres Luwu dengan melalui persuratan tertanggal 31 Maret 2021.

Menurut Ahmad, Pengelolaan Dana Kelurahan di kabupaten Luwu Diduga tidak sesuai prosedur atau peraturan yang berlaku

“Kami dari Tim LSM PROGRESS, sangat berharap kepada pihak penegak Hukum Agar melakukan penyelidikan dan Penyidikan kepada semua kelurahan yang ada di kabupaten Luwu yang mengelola anggaran Dana Kelurahan tanpa terkecuali di tahun 2019 dan 2020,” tutupnya.


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya