Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Beri ki Penyuluhan Pertanian dan bagikan Bibit gratis untuk kelompok Tani Karya Mandiri Arhanud 16

05 April 2021 23:13
Satgas Pamtas Yonarhanud 16/SBC Beri ki Penyuluhan Pertanian dan bagikan Bibit gratis untuk kelompok Tani Karya Mandiri Arhanud 16
Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad, Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E., dalam keterangan tertulisnya di Makotis Satgas Pamtas RI-Malaysia, jalan Fatahilah, kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan.
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

Nunukan – Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Arhanud (Yonarhanud) 16/SBC melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial berupa, memberikan penyuluhan pertanian dan pemberian bibit gratis kepada warga perbatasan untuk menyokong ketahanan pangan di desa Tau Lumbis, kecamatan Lumbis Hulu, kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Senin (4/4/2021).

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 16/SBC/3 Kostrad, Letkol Arh Drian Priyambodo, S.E., dalam keterangan tertulisnya di Makotis Satgas Pamtas RI-Malaysia, jalan Fatahilah, kecamatan Nunukan, Kabupaten Nunukan.

Dansatgas mengatakan, di samping melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga kedaulatan negara di perbatasan, Satgas juga mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat perbatasan untuk melakukan pembinaan teritorial secara terbatas terhadap warga di sekitar Pos-pos perbatasan untuk membantu pemerintah daerah.

“Kami (Satgas) memberikan penyuluhan tentang pertanian atau bagaimana cara bertani dengan baik dan benar kepada masyarakat sekitar Pos Lumbis, sehingga hasil yang diperoleh bisa mendukung program pemerintah pusat ataupun pemerintahan daerah mengenai ketahanan pangan yang semakin kuat dan mandiri serta kedepannya diharapkan masyarakat bisa secara individu maupun dalam kelompok tani mampu mengolah ketahanan pangan secara mandiri, ” Tambah Dansatgas.

Sementara itu, Komandan Pos Lumbis Letda Arh S. Sitakar mengatakan, tidak hanya fokus menjaga keamanan patok batas dan pelintas batas negara saja namun, satgas mempunyai tugas dan tanggung jawab yaitu membina warga masyarakat di sekitar perbatasan khususnya sekitar Pos Satgas. Personel pos selain melakukan penyuluhan, juga memberikan bibit secara gratis untuk dijadikan modal awal bercocok tanam.

“Dari hasil pertanian tersebut, dapat dikomsumsi sendiri dan sebagian untuk dijual sebagai pendapatan keluarga sehingga menunjang pemerintah daerah dalam meningkatkan taraf hidup penduduk dan meningkatkan ketahanan pangan daerah, “ Ujar Danpos.

Danpos Menambahkan, ” Kami melakukan terobosan baru, dengan membuat Kelompok Tani yang kami beri nama (Karya Mandiri Arhanud 16) syukur alhamdulillah kelompok tani yang kami gagas, telah kami daftarkan dan terdaftar di Kementerian Pertanian, saya berharap dengan ada dibentuknya kelompok tani ini, dapat berkontribusi dan menambah motivasi serta semangat untuk bertani atau bercocok tanam guna ketahanan pangan, ” Tambah Letnan Sitakar

Salah satu anggota kelompok tani Karya Mandiri Arhanud 16, Singgi yang menjabat sebagai ketua dalam kelompok tani Karya Mandiri Arhanud 16, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas penyuluhan dan pemberian bibit secara gratis, terlebih lagi setelah memfasilitasi kami (warga Tau Lumbis) dengan cara membuatkan kelompok Tani yang digagas oleh Satgas.

“Kami sangat senang dan bangga sekali atas ilmu pertanian yang diberikan Bapak TNI mengenai cara bercocok tanam yang terbaik. Selama ini saya tidak mengerti dan kurang paham mengenai pertanian, serta kami juga tidak mempunyai kelompok tani untuk dijadikan tempat diskusi atau mungkin sekedar bertukar ilmu dalam bidang pertania, tetapi kami bersyukur saat ini kami diajarkan hingga semua paham bercocok tanam secara benar sehingga hasil pertanian ini, bisa menghasilkan hasil yang terbaik, “ pungkas Singgi.


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya