Jelang Masuknya Ramadhan, Bupati Sidrap dan Forkopimda Turun ki Pantau Harga Kebutuhan Pokok

12 April 2021 17:24
Jelang Masuknya Ramadhan, Bupati Sidrap dan Forkopimda Turun ki Pantau Harga Kebutuhan Pokok
Bupati Sidrap dan Forkopimda Turun ki Pantau Harga Kebutuhan Pokok
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Sehari sebelum masuknya Ramadan 1442 Hijriah, Bupati Sidrap, H. Dollah Mando bersama unsur forkopimda dan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) Sidrap, turun memantau harga kebutuhan pokok, Senin (12/4/2021).

Pemantauan untuk memonitor harga serta ketersediaan kebutuhan pokok dan bahan penting lainnya di Kabupaten Sidrap, jelang bulan suci.

Dollah Mando ketika melakukan pemantauan, terlihat mewawancarai dan berdialog para pedagang pasar.

“Kami menanyakan apakah ada perbedaan harga yang signifikan terjadi, begitupun ketersediaan barang,” ujarnya saat memantau di Pasar Pengkajene, Kecamatan Maritengngae.

Dollah mengatakan, dari pemantauan itu dapat dilakukan antisipasi jika terjadi kenaikan harga atau kelangkaan stok tertentu.

Di sela kunjungannya, Dollah Mando juga mengingatkan para pengunjung pasar untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain di Pasar Pangkajene di hari yang sama, juga dilakukan pemantauan di Pasar Tanru Tedong Kecamatan Dua Pitue.

Informasi yang diperoleh dari Kabid Pengembangan Perdagangan Disdagrin Sidrap, H. Arnold Baramuli menyebutkan, secara umum tingkat ketersediaan bahan pokok dan harga kebutuhan pokok masih relatif stabil.

Dijelaskannya, hasil pemantauan di dua pasar menunjukkan adanya beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga, ada pula yang masih tetap seperti hari pasar sebelumnya.

“Yang masih tinggi itu cabe rawit harganya berkisar Rp50.000-Rp70.000 per kilo. Harga bawang merah dan bawang putih masih tetap di harga Rp25.000-Rp30.000 per kilo di tingkat pengecer,” bebernya.

“Adapun kenaikan harga kebutuhan pokok lain hari ini dipengaruhi oleh karena lonjakan pembeli dalam rangka memasuki bulan puasa besok,” imbuhnya.

Arnold juga menyatakan, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sidrap akan memantau terus perkembangan harga selama bulan Ramadan.

“Jika nantinya ada salah satu bahan pokok yang mengalami kelangkaan maka diambil langkah cepat untuk mengatasinya bersama dengan leading sektor atau SKPD terkait,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam pemantauan tersebut, Wakil Ketua DPRD Sidrap, Kasman, Wakapolres Sidrap, Kompol Ishak Ifa, Kasi Intel Kejari Sidrap, Muhammad Iqbal, Staf Ahli Bupati, Patahangi Nurdin, Kabag Perekonomian Sidrap, Sudarmin, serta OPD terkait.

Turut hadir Kapolsek Maritengngae, Iptu Abdul Samad, Camat Maritengngae, Mustari Kadir, Camat Dua Pitue, Andi Sammang, dan Kapolsek Dua Pitue.

Biro/Jurnalis : Suriady


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya