Andi Sudirman Sulaiman: Manfaatkan Maki’ Kesempatan Sekarang Taraweh di Masjid

13 April 2021 01:05
Andi Sudirman Sulaiman: Manfaatkan Maki’ Kesempatan Sekarang Taraweh di Masjid
  • share facebook - suara.com
  • share twitter - suara.com
  • share google plus - suara.com

BugisPos — Rindu dengan taraweh kan? Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat diberi waktu memberikan sepatah kata di depan ribuan jamaah shalat tarwih (taraweh) malam pertama, 1 Ramadhan 1442 H/12 April 2021 malam di Masjid Al Markas Al Islami Jend M Jusuf, kota Makassar.

Bulan Ramadhan tahun lalu pemerintah meminta agar tidak dilakukan shalat tarwih berjamaah di masjid-masjid dalam rangka menekan laju penyebaran Covid-19.

Pingin tarwih, sekarang Pemprov Sulsel sudah keluarkan Surat Edaran untuk dapat melakukan shalat tarwih di masjid dengan mengikuti sejumlah persyaratan yang ditetapkan.

Makanya, Andi Sudirman Sulaiman yang akrab disapa dengan sebutan Andi Sudi meminta agar masyarakat menikmati dan memanfaatkan kesempatan beribadah tarwih di mesjid dalam bulan puasa yang penuh pengampunan ini.

Dia mengingatkan, tahun lalu saat pemerintah membatasi tidak boleh shalat tarwih berjamaah di masjid untuk menghindari laju penyebaran Covid-19 banyak yang menyalahkan pemerintah. Jangan saat masjid buka untuk tarwih justeru ramai ke mal.

“Tahun lalu tidak boleh taraweh di mesjid, tahun ini bisa, dan mari kita manfaatkan melaksanakan ibadah di masjid, karena kita belum tahu bagaimana tahun depan,” katanya.
Diperkirakan ada sekitar 2000-an jamaah yang mengikuti pelaksanaan tarwih pertama 12 April 2021 malam di Masjid Al Markaz kota Makassar.

Jamaah pria menempati lantai 2, sedangkan lantai 1 dan lantai 3 untuk jamaah wanita. Setiap jamaah yang hendak masuk ke masjid melalui pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan hand sanitizer. Banyak jamaah mengikuti shalat tarwih dilakukan di halaman mesjid.
Kapolda Sulsel Irjen Pol Merdisyam juga memilih melakukan shalat tarwih pertama 1 Ramadhan 1442 H bersama Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Masjid Al Markaz.

Dalam kesempatan bicara singkat, Plt Gubernur Sulsel yang berbasic sebagai orang engenering, sempat menjawab permintaan Ketua Yayasan Mesjid Al Markaz, Prof DR Basri Hasanuddin, MA akan menemui Pemprov Sulsel membawa proposal pembangunan pagar keliling halaman Mesjid Al Markaz.

Sebelumnya Gubernur Sulsel non aktif, Prof DR HM Nurdin Abdullah,M.Agr pernah berjanji membantu mendanai pembuatan pagar tersebut.
“Tak usah pakai bproposal. Dibangun saja. Masjid Al Markaz kan statusnya masih milik Pemprov,” ujar Andi Sudi.

Kemudian juga mengungkap bahwa sudah ada pemenang tender untuk penyelesaian pembangunan Masjid 99 Kubah di kawasan Centre Point’ of Indonesia (CPI). Mesjid merupakan hasil disain Ridwan Kamil tersebut juga merupakan aset Pemprov Sulsel mulai dibangun ketika Syahrul Yasin Limpo (kini Menteri Pertanian RI) masih menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Selain shalat tarwih, pihak panitia Masjid Al Markaz membuka pintu dilakukan shalat wajib 5 waktu berjamaah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 (aji)


Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya