Cocoki, LSM Progress Colek Kepala Inspektorat Sulsel

14 April 2021 16:00
Cocoki, LSM Progress Colek Kepala Inspektorat Sulsel
Koordinator Daerah Firman Syam, SE mendorong Inspektorat mengaudit Alokasi Dana Desa (ADD)

BugisPos — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Progress melalui Koordinator Daerah Firman Syam, SE mendorong Inspektorat mengaudit Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa se Sulsel, Selasa (13/4/2021)

Hal ini diungkapkan Firman kepada BugisPos. Dalam keterangannya Firman mengkonfirmasi persoalan tersebut dengan status dalam facebooknya dengan menandai PLT Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan PLT Kepala Inspektorat Sulawesi Selatan, Sulkaf S Latief.

Firman Syam mengatakan mendorong inspektorat Provinsi maupun Kabupaten untuk terus melakukan pengawasan dan menggaudit ADD dan DD yang ada di Sulawesi Selatan karena besarnya Anggaran ADD dan DD yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten yaitu Kurang lebih 2 Milyar pertahun.

Menurutnya, colekan melalui statusnya itu ditanggapi PLT Kepala Inspektorat Sulawesi Selatan. Sulkaf S Latif menggomentari status tersebut dia mengatakan Terimakasih atas perhatian dan sarannya, diatas sudah ada yang jawab untuk pelaksanaan pemerintahan ada pembagian kewenangan khusus untuk ADD dan DD pengawasan menjadi kewenangan Inspektorat Kabupaten/kota trims, ucapnya.

Lalu kemudian komentar lagi siap insya Allah kalau ada pengaduan masyarakat ke Provinsi bisa ditindaklanjuti menjadi bahan monitoring ke daerah tapi pengaduan harus jelas locus, kegiatan, dan kondisi serta pelapor sehingga dapat ditindaklanjuti.

Firman Syam berharap, kedatangan Inspektorat ke desa-desa dimaknai sebagai bentuk pencegahan tindakan korupsi, serta tidak ada kegiatan yang menjurus pada kegiatan yang merugikan keuangan negara.

“Seharusnya pihak Inspektorat bisa lebih dulu menemukan pelanggaran atau penyelewengan Dana Desa, sebab masyarakat tidak mungkin turun langsung ke Desa untuk melakukan pemeriksaan, karena ada yang lebih berhak untuk memeriksa hal tersebut,” ujarnya.

“Jangan main-main dengan uang rakyat, uang adalah amanah rakyat dalam bentuk apapun,” tegas Firman yang juga Sekretaris Umum GANN Sulsel ini.


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya