Cocokki, Publikasi Media Sangat Penting untuk Good Governance

22 May 2021 13:42
Cocokki, Publikasi Media Sangat Penting untuk Good Governance
Oleh : Ir. H. Andi Hasdullah, M.Si (Pengamat Pemerintahan, Mantan Kadis Kominfo-SP Sulsel)

BugisPos — Seperti kita tahu bahwa birokrasi salah satu tugas utamanya sebagai pelayan masyarakat sesuai tupoksi organisasi masing- masing sehingga apa yang dikerjakan dalam layanan publik seharusnya dipublikasikan sehingga masyarakat tahu dan menilai apa yang dikerjakan.

Jadi kalau tidak dipublikasikan, siapa orang yang tahu kalau birokrasi itu sudah bekerja untuk rakyat, tentu hal ini menjadi salah satu alasan mengapa manajemen publikasi itu penting.

Publikasi media kegiatan setiap organisasi dalam pemerintahan mestinya rutin dilakukan, hal yang terkait misalnya apa yang akan dan sedang dikerjakan lalu apa yang sudah dicapai dan informasi lain yang perlu diketahui publik, hal itu sangat penting untuk dilakukan dan tentu menjadi salah satu instrumen menilai kinerja dari setiap organisasi pemerintahan.

Hal yang tidak kalah pentingnya publikasi merupakan transparansi dan keterbukaan informasi publik yang memang wajib dilakukan sebagai bentuk akuntabilitas kelembagaan pemerintahan.

Lalu kemudian implikasi lain dari diseminasi informasi atau publikasi tersebut adalah memberi ruang publik untuk melakukan pengawasan serta juga mengundang partisipasi dan keberdayaan publik bahkan berujung lahirnya kepercayaan masyarakat, public trust harus dijaga dengan baik hal itu sangat vital karena kepercayaan masyarakat itu menjadi jantung pemerintahan, jadi kita kan tidak bisa lagi mengelola pemerintahan diruang gelap tapi tatakelola yang makin terbuka dan transparan, tentu perilaku organisasi yang tidak move on atau yang tertutup pasti akan ketinggalan dan bermasalah lalu digilas oleh derasnya perubahan jaman apalagi di era digital saat ini yang menempatkan informasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang dapat tersedia melalui berbagai media eletronik saat ini dimana informasi itu begitu cepat dan tanpa batas yang tidak lagi disekat ruang dan waktu.

Sesungguhnya publikasi kinerja organisasi pemerintahan yang begitu strategis dan penting itu tergantung dari perspektifnya terutama dilevel pimpinan, jikalau pradigma kepemimpinan organisasi pemerintahan berbasis pada tatakelola yang baik good governance maka dipastikan akan menempatkan publikasi tatakelola organisasi sebagai suatu keharusan.

Dalam posisi kita sebagai komponen masyarakat berkepentingan untuk mendorong setiap organisasi perangkat pemerintahan mampu mempublikasi pengelolaan organisasinya secara lengkap konsisten dan berkelanjutan untuk menjawab tuntutan kekinian dalam perspektif tatakelola pemerintahan yang baik dan organisasi publik yang lebih moderen.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya