Maccing, Malam Ini Bulan Membesar dengan Warna Merah Darah

26 May 2021 16:34
Maccing, Malam Ini Bulan Membesar dengan Warna Merah Darah
Maccing, Malam Ini Bulan Membesar dengan Warna Merah Darah

BugisPos – Rabu, 26 Mei 2021 malam ini akan terjadi Gerhana Bulan Total (GBT). Sekitar pukul 19.13 Wita malam ini bulan purnama akan tampak lebih besar dari ukuran bulan purnama sebelumnya.

Uniknya lagi, bulan purnama tersebut selama sekitar 15 menit akan tampak berwarna merah darah.
Fenomena alam yang terjadi hanya sekali dalam interval waktu 195 tahun, dikenal secara internasional dengan sebutan Super Blood Moon.

Menurut penjelasan dari pihak Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) maupun dari pihak Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), GBT kali ini Matahari Bumi dan Bulan berada dalam garis sejajar selama sekitar 14 menit. Saat itulah disebut puncak dari GBT, bulan akan tampak berwarna kemerahan. Merah darah. Dapat disaksikan dengan mata telanjang atau tanpa menggunakan alat bantu optik.

Bulan pun berada dalam posisi sangat dekat dengan bumi, sekitar 357.316 km, sehingga terlihat agak membesar serta berwarna merah darah akibat pembiasan cahaya matahari oleh lapisan atmosfer bumi.

Jika langit cerah GBT dapat terlihat di seluruh langit Indonesia, kecuali wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan sebagian wilayah Riau.
Secara parsialitas gerhana bulan akan berlangsung dengan durasi lebih dari 3 jam. Namun puncak dari GBT diperkirakan akan terjadi di wilayah Indonesia Barat sekitar pukul 18.13 WIB. Wilayah Indonesia Tengah sekitar pukul 19.13 WITA, dan wilayah Indonesia Timur diperkirakan puncaknya terjadi sekitar pukul 20.13 WIT.

Sejumlah tempat yang baik untuk menyaksikan fenomena alam langka GBT khususnya di Kota Makassar, seperti di Kawasan CPI, Amphiteater Tanjung Bunga, sekitar Muara Sungai Jeneberang Jembatan Barombong, Jalan Tol Layang dan Jembatan Fly Over AP Pettarani, lantaran waktu puncak gerhana terjadi saat posisi bulan masih di arah timur kota Makassar.

Selain itu penampakan bulan purnama berwarna merah darah ini akan asyik disaksikan dari lokasi puncak gedung-gedung tinggi.
Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto sejak Selasa (25/5/2021) telah menyampaikan surat himbauan kepada seluruh masjid di kota Makassar untuk melakukan Shalat Gerhana Bulan dengan tetap menerapkan Prokes Covid-19 saat Gerhana Bulan Total berlangsung di kota Makassar. (aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya