Oleh : Usdar Nawawi

Bersepeda Santai ke Bukit Tokka

06 June 2021 13:04
Bersepeda Santai ke Bukit Tokka
Usdar Nawawi

BugisPos — Kampung Tokka itu berada dalam wilayah Kabupaten Maros. Letaknya tidak jauh-jauh dari titik segitiga perbatasan Makassar, Maros dan Gowa.

Di kampung Tokka ini, banyak terdapat kawasan perbukitan. Salah satunya adalah milik Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, yang dibeli dari warga pemilik lahan setempat saat harga masih cukup murah. Kini kawasan Tokka ini oleh Danny Pomanto sudah ditata sedemikian elok.

Mulai dari gerbang hingga naik ke puncak bukit, terasa memang adalah milik seorang arsitek handal, seorang Danny Pomanto yang telah begitu banyak mengarsiteki tata letak tata bentuk fisik pembangunan perkotaan di tanah air.

Karena itulah penulis menamai kawasan Tokka yang telah dimodivikasi ini, dengan nama Bukit Tokka.

Saya sebut Bukit Tokka, sebab memang lokasinya berbukit, nyaris terjal. Tapi bila kita berada di di puncak bukit, maka pada malam hari kita akan leluasa memandang ke barat yakni ke kota Makassar, yang penuh dengan cahaya lampu. Cahaya lampu begitu ramainya, sebab maklum sejak Danny Pomanto menjabat Wali Kota di periode pertama, lorong-lorong sudah dipenuhi lampu penerang.

Demikian juga lampu jalan senantiasa menyala karena aksi pemeliharaan senantiasa berjalan baik. Belum lagi lampu-lampu lainnya dari rumah-rumah warga dan kantor-kantor yang padat.

Dulu waktu Malik B Masri jadi Wali Kota Makassar, dia mengimpikan Makassar seperti Abudabi. Kota Abudabi di malam hari memang mandi cahaya sampai pagi. Dan memang di zaman Malik B Masri, pengadaan lampu jalan demikian getol dilaksanakan, meski Abidabi masih jauh untuk dituruti.

Namun kini, lampu jalan ditambah dengan lampu jalan di lorong-lorong, kiranya pencahayaan Kota Makassar sudah cukup mendekati terangnya Abudabi di malam hari.

Sabtu pagi, 5/6/2021, Wali Kota Danny Pomanto bersama Forkofinda Makassar, ditambah Kapolda dan Wakapolda Sulsel, menggelar acara Sepeda Santai, yang star dari Jl.Amirullah kediaman Danny Pomanto, menuju Bukti Tokka, yang ditempuh sekitar 1 jam lebih.

Tujuan acara Sepeda Santai ini, untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan antara jajaran Pemkot Makassar dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sepeda Santai diikuti Kapolda Sulsel, Irjen. Pol. Merdisyam, Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Halim Pagarra, Kapolrestabes Makassar Kombes Pol. Witnu Urip Laksana, serta Dandim 1408 BS, Kolonel Kav Dwi Irbaya Sandra, beserta sejumlah jajaran kepala SKPD lingkup pemerintah Kota Makassar.

“Kegiatan ini kita gelar dalam rangka menjaga stamina agar tetap bugar, juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antara jajaran Forkopimda bersama unsur SKPD di pemerintah kota Makassar,” kata Danny Pomanto saat tiba di Bukit Tokka.

Hal yang agaknya perlu dicatat pada momentum ini, ialah Danny Pomanto mencoba mencairan suasana antara jajaran OPD dengan dirinya. Maklum saja sebab pada Pilkada Wali Kota 2020 lalu, kebanyakan dari pimpinan OPD ditengarai berpihak pada salah satu Paslon, yakni bukan Paslon Danny-Fatma.

Karena itulah, meski Pilkada Wali Kota 2020 sudah lama berlalu, tetapi masih saja terasa ada rasa risih dari kalangan OPD terhadap Danny Pomanto. Padahal Danny kepada penulis berkata :

“Saya tidak bisa sembarang ganti pejabat sepanjang mereka tidak bersalah atau berkasus”


Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya