PKD Ke-II GP Ansor Maros Lakukan ki Tauwwa Ziarah ke Makam Ulama Besar

03 July 2021 20:37
PKD Ke-II GP Ansor Maros Lakukan ki Tauwwa Ziarah ke Makam Ulama Besar
Ziarah ke Makam Tokoh-Tokoh Nahdlatul Uluma

BugisPos — Peserta Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke II GP Ansor Maros hari ini melakukan ziarah ke Makam Ulama Besar Sulsel di Kabupaten Maros, Sabtu (3/7/2021).

Ziarah ke Makam Tokoh-Tokoh Nahdlatul Uluma hari ini adalah rangkaian kegiatan pelatihan kepemimpinan dasar (PKD) ke II yang digelar selama 3 hari di PP Ulumul Qur’an DDI Hasanuddin, Kec. Mandai, Kab. Maros (1-3 Juli 2021).

“Pertama yang kami ziarahi adalah makam Allahuyarham AGH. Muhammad Sanusi Baco, Lc. beliau adalah Rais Syuriah PWNU Sulsel sekaligus Ketua MUI Sulsel, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros,” Abrar Rahman.

Selanjutnya kata Abrar, kami berziarah ke Makam Allahuyarham Sayyid Djamaluddin Assegaf Puang Ramma, beliau adalah muassis (pendiri) Nahdlatul Ulama di Sulsel, Mursyid Thariqat Khalwatiyah Syek Yusuf Al Makassary.

“Syaikh Djamaluddin Assegaf Puang Ramma termasuk salah seorang pendiri NU Sulsel. Beliau juga termasuk tokoh politik, pendidik dan budaya di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

“Puang Ramma, yang wafat tahun 2006 lalu, banyak memberikan pemahaman tentang Islam, meski pada zamannya dahulu, banyak berbenturan dengan berbagai tantangan, termasuk kondisi umat Islam pada waktu itu yang belum memahami nilai-nilai Tauhid dan tradisi yang masih kental,” lanjutnya Abrar.

“Sementara itu, sosok Allahuyarham AGH. Muhammad Sanusi Baco meski telah berumur 78 tahun namun masih setia berkhidmat di Nahdlatul Ulama,” katanya.

“Disaat yang sama aktif sebagai Ketua Umum Dewan Pembina Yayasan Perguruan Al – Gazali Makassar, yayasan yang menaungi Universitas Islam Makassar (UIM) sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi milik Nahdlatul Ulama Sulawesi Selatan,” ujarnya.

“Keduanya adalah teladan kami di Ansor, sehingga kami mengajak peserta PKD Angkatan ke II untuk berziarah ke makam beliau dalam rangka mendoakan dan menapaktilasi sejarah perjuangan beliau-beliau dalam mendakwahkan Islam Ahsunnah Wal Jamaah di Sulsel,” jelasnya Abrar.

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya