HTTP Status[404] Errno [0]

Ternyata Lokasi TMMD Ke-111 Selayar Adalah Sebuah Kampung Tua Tauwwa

05 July 2021 18:06
Ternyata Lokasi TMMD Ke-111 Selayar Adalah Sebuah Kampung Tua Tauwwa
Kampung Tua Bitombang adalah salah satu obyek wisata budaya yang memiliki keunikan pada rumah warga.

BugisPos — Belum banyak yang tahu kalau titik nol lokasi pembukaan jalan TMMD Ke 111 Kodim 1415 Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan adalah sebuah pemukiman tua di atas bukit, bernama Kampung Tua Bitombang. Kampung Tua Bitombang adalah salah satu obyek wisata budaya yang memiliki keunikan pada rumah warga.

Titik Nol jalan yang dibuka oleh Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar berada pas diujung timur Kampung Tua Bitombang. Dimana kampung bersejarah di Kepulauan Selayar ini berada di pedalaman Pulau Selayar, tepatnya diwilayah kelurahan Bontobangung, Kecamatan Bontoharu.

Kampung Bitombang dikenal dengan bangunan rumah tua warga yang berdiri di atas tiang-tiang kayu setinggi belasan meter, mengikuti bentuk topografi tanah yang memang bertebing dan curam.

Konstruksi rumah tua warga inilah yang kemudian menjadi sebuah keunikan bersejarah dan diminati oleh wisatawan. Dan rasanya tidak mungkin rumah dapat berdiri hanya dengan tiang-tiang yang ditumpangkan di tanah.

Rumah-rumah ini tahan sampai kurang lebih 90 tahun, dan konon tinggi rumah tersebut berhubungan dengan umur penghuninya. Pemandangan yang bisa dilihat dari rumah sungguh sangat indah. Ditambah warganya yang ramah dan sejumlah keunikan lainnya dari Kampung Tua Bitombang.

Andi Nur Hamzah, salah seorang warga Selayar (5/7) menceritakan bahwa dari titik Nol kampung Tua Bitombang kemudian Satgas TMMD Ke 111 Kepulauan Selayar, membuka jalan dengan menembus hutan dan mengikis bukit untuk sebuah jalan membuka keterisoliran warga kampung Tola Lura’Gantarang, selama puluhan tahun.

Ia juga menceritakan kalau sebelumnya nama kampung Tola pernah viral setelah seorang warganya harus ditandu menggunakan sarung dan dipikul bersama berjalan berjam-jam ke jalan terdekat di Kampung Tua Bitombang.

Saat ini setelah jalan telah dibuka oleh Satgas TMMD Ke 111, kampung Tua Bitombang dan Kampung Tola sudah mendapat kunjungan orang luar. Mereka penasaran dengan keindahan dan sumber daya alam kedua kampung dipesisir timur pulau Selayar ini.

Sumber : Ucok Haidir
Editor : Syahrul

332 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya