Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel Hadiri ki Dian Pinsat Kwarcab di Kabupaten Takalar

16 July 2021 19:59
Kadis Pendidikan Provinsi Sulsel Hadiri ki Dian Pinsat Kwarcab di Kabupaten Takalar
Kadis Pendidikan Sulsel Disambut Kwarcab Takalar Menuju Lokasi Upacara Pembukaan Dian Pinsat Tahun 2021

BugisPos — Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Prof Muhammad Jufri menghadiri acara pembukaan kegiatan Gladian Pimpinan Satuan (Dian Pinsat) bagi pelajar penegak jenjang SMA/SMK/MA se Kab. Takalar.

Acara yang dihelat di Kampus SMK Negeri 1 Takalar hari Jumat pagi, 16 Juni 2021. Kegiatan Dian Pinsat merupakan program kerja pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Takalar.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Jufri, Ketua Kwarcab Takalar Muh Darwis Sijaya, Rektor ITP Takalar Hj. Irma Andriani, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Takalar H. Muhammad, Kepala Cabdin Wil. VII Takalar-Jeneponto, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahaga yang juga Waka Bina Wasa Kwarcab Takalar Darwis Ewa, Sekum Kwarcab Takalar Malli Lewa, para Andalan Cabang Kwarcab Takalar, para Mabigus SMA/SMK/MA se Kab. Takalar, perwakilan Polres Takalar/Polsek Galesong dan Tim PSC Takalar.

Dalam laporannya Ketua Panitia Dian Pinsat Zainuddin Detol yang juga Waka Bina Muda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya pembinaan kepramukaan bagi pramuka penegak sebagai implementasi program kerja, imbuhnya.

“Tema dan motto kegiatan ini yakni Eksisten Tunas Muda, Upaya Membentuk Pemimpin Karakter. Kegiatan ini diikuti oleh 52 utusan dari SMA/SMK/MA se Kab. Takalar dengan satuan terpisah (PA/PI). Peserta hanya diperbolehkan 1 orang untuk 1 tenda. Kegiatan ini digelar selama 3 hari yakni Jumat s/d Minggu, 16-18 Juli 2021 di Kampus SMKN 1 Takalar,” terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Takalar menyampaikan bahwa kami baru 1 minggu yang lalu menggelar Rapat Kerja (Rakercab) untuk menyusun program kerja satu tahun kedepan. Hari ini sudah mulai eksen kegiatan program kerja yakni Dian Pinsat, tutur Muh. Darwis Sijaya.

“Kita rindu dengan kegiatan kepramukaan. Setahun ini kita telah diselimuti dan dibatasi oleh adanya Pandemi Covid-19. Kegiatan ini kami gelar dengan protokol kesehatan yang ketat dan telah mendapat izin dari Satgas Covid-19 Kab. Takalar dengan beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi,” terang Ketua DPRD Takalar ini.

Pembina Upacara yang juga Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Prof Jufri menegaskan bahwa kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah. Sesuai dengan undang-undang dan permendikbud. Oleh sebab itu, kegiatan hari ini adalah upaya untuk mewujudkan profil pelajar pancasila sesuai arahan dan program utama Kemdikbudristek, bebernya.

“Lewat kegiatan pramuka, kita berharap akan mampu melahirkan profil pelajar pancasila. Karakter yang tercantum dalam Dasa Darma Pramuka memiliki korelasi kuat dengan karakter pancasila. Menghadapi perkembangan teknologi dan abad 21 kita dituntut memiliki 4 skill yakni mampu berpikir kritis, kreatif, memiliki komunikasi yang baik dan mampu berkolaborasi,” lanjutnya.

Kegiatan Dian Pinsat Kwarcab Takalar menerapkan prorokol kesehatan yang ketat dibawah koordinasi satgas covid-19.

Kehadiran Kadis Pendidikan Sulsel juga dirangkaikan dengan kegiatan penandatanganan MoU antara SMA/SMK dengan Mitra Industri, lembaga pemerintah dan non pemerintah. AJM/RedTT

Penulis: AJM-Detol

Sumber : Takalarterkini.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya