Warga Desa Tungka Qurbankan 60 Hewan, Kerjasama Baznas : Salurkan ki ke Mualaf di Toraja

21 July 2021 18:22
Warga Desa Tungka Qurbankan 60 Hewan, Kerjasama Baznas : Salurkan ki ke Mualaf di Toraja
Dalam momen tersebut, Warga Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, merayakan hari raya Idul Adha 1442H-2021M dan penyembelian hewan qurban.

BugisPos – Hari raya idul Adha 1442 Hijriyah di Indonesia jatuh pada hari selasa 20/07/2021.

Hari yang membawa berkah dan kebahagiaan bagi para umat muslim dimanapun berada.

Idul Adha adalah momen umat Islam melakukan ibadah kurban lewat hewan ternak yang akan dipotong dan dibagikan kepada sesama.

Dalam momen tersebut, Warga Desa Tungka, Kecamatan Enrekang, merayakan hari raya Idul Adha 1442H-2021M dan penyembelian hewan qurban.

Kades Tungka, Takbir, S.Pd.I, mengatakan, meskipun ditengah pandemi covid-19, semangat berqurban tetap hadir dibenak warga Desa Tungka.

Alhamdulillah, untuk tahun ini masyarakat Desa Tungka menyembelih hewan Qurban sebanyak 60 ekor jenis Sapi, untuk Dusun Tungka 37 ekor, Dusun Galung 13 ekor dan Dusun Tapuan 10 ekor, “Ucap Takbir Kades Tungka.

Ditambahkan, awalnya kami mengira bahwa partisipasi masyarakat yang akan berqurban signifikan menurun karena kondisi covid-19, tapi alhamdulillah justru makin bertambah, “sebut Takbir.

Hali ini, jug disampaikan, Drs.Hadir, SPd.SD, yang merupakan panitia yang bertugas mengkordinir khusus di dusun Tungka, “iya mengungkapkan, bahwa semua ini tidak terlepas dari kepercayaan masyarakat desa Tungka, terhadap dirinya sebagai pengurus.

Atas kepercayaan ini, warga yang mau berqurban tinggal melaporkan saja, jadi tugas kami tinggal mencarikan teman hingga cukup dalam satu kelompok dan begitu seterusnya,”ungkapnya.

Jadi total hewan qurban yang disembelih di desa Tungka sebanyak 60 ekor.

Namun yang paling kami syukuri justru kebanyakan yang berqurban, adalah keluarga domisili luar daerah dan mereka juga adalah warga Desa Tungka, “sebut Hadir, SPd.

Sedangkan tahun kemarin Desa Tungka termasuk salah satu daerah yang ikut berpartisipasi dalam penyaluran daging qurban kepada kaum mualaf di wilayah tetangga Kabupaten. Sebanyak 50 kantong daging qurban yang disalurkan saat itu, yang bekerjasama dengan lazismu.

Namun untuk tahun ini dikarenakan jumlah hewan qurban agak meningkat, maka kami berkolaborasi Lazismu dan Baznas Enrekang. Dalam hal penyaluran bantuan daging qurban kepada kaum mualaf di Toraja, sebanyak 80 kantong yang terkumpul, selanjutnya kami serahkan untuk proses penyalurannya, “imbunya Hadir.

Semoga kedepan, semangat qurban lebih meningkat dan semakin banyak pula yang merasakan berbagi, “harapnya.

sumber : syafar

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya