Manyameng’ni, Aplikasi SIPP Permudah pelayanan Informasi dan Pengaduan di Puskesmas

23 July 2021 13:49
Manyameng’ni, Aplikasi SIPP Permudah pelayanan Informasi dan Pengaduan di Puskesmas
Sosialisasi dilakukan untuk membahas terkait implementasi Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

BugisPos — BPJS Kesehatan Cabang Watampone melakukan kegiatan koordinasi dengan seluruh Puskesmas dalam wilayah Kabupaten Bone sebagai upaya meningkatkan kepuasan peserta, Kamis (22/07).

Sosialisasi dilakukan untuk membahas terkait implementasi Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP) pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Sosialisasi turut dihadiri Dinas kesehatan Kabupaten Bone, para petugas Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan seluruh FKTP di Kabupaten Bone.

Aplikasi SIPP sendiri merupakan salah satu wadah bentuk komunikasi melalui aplikasi yang di berikan oleh BPJS kesehatan untuk apapun segala bentuk informasi dan pengaduan di FKTP sehingga dapat tercatat dan te-record di data BPJS kesehatan tanpa perlu harus datang ke kantor.

Aplikasi SIPP saat ini telah terdapat menu tambahan yakni menu pengentrian bayi baru lahir sehingga memudahkan peserta dalam hal pendaftaran bayi baru lahir tanpa harus datang kembali ke kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan mengentrikan pada Aplikasi SIPP tersebut.

“Melalui pengelolaan penanganan pengaduan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) harapannya adalah tercatatnya data pemberian informasi dan penanganan keluhan terhadap layanan FKTP sehingga hal ini dapat meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS. Sebagai dukungan terkait hal tersebut, saat ini telah diimplementasikan Aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan atau SIPP pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama,” jelas Aswin Agustiansyah, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Watampone.

Tambah Aswin, tujuan dilaksanakannya Kegiatan Sosialisasi Implementasi Aplikasi SIPP di FKTP ini diantaranya adalah memberikan kemudahan akses pelayanan terkait pemberian informasi dan penanganan pengaduan di FKTP, memudahkan eskalasi, monitoring, dan evaluasi terhadap pelayanan peserta di FKTP, Pencatatan informasi dan pengaduan yang terdokumentasi dalam aplikasi SIPP

“ Syukur alhamdulillah, BPJS Kesehatan punya aplikasi SIPP (Saluran informasi dan penanganan pengaduan ) di FKTP, sehingga dengan adanya APLIKASI SIPP ini, kami bisa memaksimalkan pelayanan informasi dan pengaduan kami di Puskesmas Biru khususnya,” jelas Fadiel, salah satu peserta sosialisasi dimana beliau sekaligus sebagai Penanggung Jawab Mutu Puskesmas Biru Kabupaten Bone,”Pungkas Aswin.

Sumber : rls / Sadli

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya