Kisah Bungung Lompoa ri Antang : Tongkat Ditancap Air pun Menyembur

01 August 2021 07:38
Kisah Bungung Lompoa ri Antang : Tongkat Ditancap Air pun Menyembur
Bungung Lompoa (sumur besar) ri Antang

BugisPos.com – Di Sulawesi Selatan, ada sejumlah sumur yang punya sejarah mistis, seiring dengan sebuah sumur tua, terletak di Kelurahan Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, tak jauh dari kompleks pemakaman ulama besar abad ke 16, I Lo’mo Ri Antang, di bilangan Jl.Antang Raya.

Sumur itu popular disebut Bungung Lompoa, atau sumur besar. Artinya, sumur ini punya nilai kebesaran, sebab sepanjang musim hujan dan musim kemarau, airnya tetap saja normal, jernih, dan segar.

Dalam sejarah peradaban masyarakat Antang dan sekitarnya, sumur itulah menjadi sumber mata air terbesar dan kesohor di seluruh negeri.

Siapa yang menggali sumur tersebut ?

Alkisah, kawasan Antang pada abad ke-16, mengalami musim kemarau yang sangat panjang, sehingga untuk mengambil air wudhu saja sangat sulit. Suatu hari, Lo’mo terlihat berdo’a, minta petunjuk kepada Allah untuk mengatasi kesulitan air bagi masyarakat.

Lalu dia berjalan dari rumahnya ke arah timur. Tak jauh dari rumah, Lo’mo singgah di tempat yang agak berbatu. Di situ dia berdo’a pula, lalu menancapkan tongkat kayu yang dipegangnya ke dalam tanah. Setelah mencabut tongkat itu, serta-merta dari lubang bekas tongkat memancar air bersih dan menyegarkan.

Dari pancaran air pertama kali, Lo’mo mengambil air wudhu, dan seterusnya sumur itu menjadi sumber mata air bagi masyarakat Antang dari abad ke abad sampai sekarang.

Sumur itu sekarang masih digunakan oleh masyarakat umum untuk keperluan sehari-hari. Selain itu air sumur tersebut digunakan untuk mencuci benda-benda peninggalan dari Lo’mo.

Wali yang merupakan putra asli Sulawesi yang menjadi sahabat Datuk Paggentungan dan guru mengaji Syekh Yusuf ini, selain telah mewariskan ajaran agama, juga mewariskan sumur yang tak pernah kering sepanjang abad, yang dibuatnya hanya dengan menancapkan tongkat satu kali ke dalam tanah. Wali yang kemudian nyaris terlupakan (MITOS/zardi/awing)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya