Ya Dende, ini mi Jalan Angker di Sulawesi

01 August 2021 18:28
Ya Dende, ini mi Jalan Angker di Sulawesi
Sumpang Labbu, Bone

BugisPos — Biasa kita mendengar sejumlah jalan di beberapa daerah Indonesia dikenal sebagai jalur angker.

Banyak alasan disematkan sehingga jalan tersebut dinilai angker mulai dari banyak peristiwa kecelakaan, kejahatan tinggi, jalannya rusak parah hingga seringnya muncul penampakan mahluk gaib.

Jalan angker tak hanya di Pulau Sumatera dan Jawa, beberapa jalan di Sulawesi juga masuk kategori angker. Di mana saja itu? Dilansir dari berbagai sumber berikut jalur angker di lintas Sulawesi.

Trans Sulawesi Jalur Tikke

Berada di jalur Desa Lariang dan Desa Tikke, Kecamatan Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, dikenal sangat angker.

Jalur Trans Sulawesi tersebut, konon kabarnya sangat menakutkan apabila dilintasi pada malam hari. Jalur Trans Sulawesi yang didominasi perkebunan sawit itu cukup menakutkan apabila dilintasi pada malam hari, mulai dari seringnya terjadi penghadangan hingga penampakan mahluk gaib.

Tanjakan Karamaka Jeneponto

Tanjakan Kamaraka, tepatnya berada di Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Beberapa pengendara mengaku pernah melihat perempuan berbaju merah di tengah malam. Beberapa sumber mengatakan, kecelakaan lalu lintas sering terjadi di tanjakan tersebut, baik itu tabrakan maupun kecelakaan tunggal. Menurut pengakuan beberapa orang, kecelakaan tunggal terjadi karena menghindari sesuatu yang melintas, baik itu wujud manusia maupun binatang.

Sumpang Labbu, Bone

Jalan poros Makassar – Bone ini, cukup melegenda dan sangat unik, karena jalannya terdapat gua yang dilalui. Konon kabarnya, sejumlah penampakan mahluk astral sering tersaji di Sumpang Labbu, mulai dari mesin yang tiba-tiba mati ataupun melihat penampakan mahluk gaib yang penampakannya pun beraneka ragam.

Saat ini, kendaraan ekspedisi yang melewati jalur ini, harus dipandu oleh seorang pengendara motor agar tidak terjadi kecelakaan. Di muka gua, telah menanti beberapa pemuda yang mencari pekerjaan tambahan membantu pengemudi truk memindahkan barang yang tidak bisa lewat karena muatannya tidak muat melewati gua.

Jembatan Bolong Mamuju

Ada pula Jembatan Bolong yang terletak di Desa Takandeang, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju. Jembatan yang terletak di kaki pegunungan Ganda Dewata ini terkenal dengan cerita mistis dan keangkerannya. Di daerah ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas.

Mulai dari mesin yang tiba-tiba mati saat akan melintasi jembatan, kecelakaan tunggal berupa mobil terguling di badan jembatan, hingga cerita penampakan makhluk astral yang konon kerap mengganggu pandangan pengemudi.

Saat ini jembatan Bolong sudah di renovasi total dengan penampakan warna kuning yang menjadikannya sebagai rest area menuju Mamuju.

Jalur Wentira

Daerah lainnya yang dikemal angker adalah Wentira, bagian dari jalur Trans Sulawesi. Wentira tepatnya terletak di daerah Kebun Kopi Kabupaten Donggala.

Kisah-kisah misteri di Wentira banyak bermunculan dan dipercaya masyarakat sekitar. Bahkan, daerah ini juga memiliki julukan sebagai Kota Gaib terbesar di Asia Tenggara.

Itulah sedikit dari banyaknya jalan Angker di jalur Sulawesi.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya