HTTP Status[404] Errno [0]

Pimpinan Cabang GP Ansor Maros Gelar ki PKD Angkatan Ke-III

27 August 2021 08:35
Pimpinan Cabang GP Ansor Maros Gelar ki PKD Angkatan Ke-III
Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros, Abrar Rahman dalam sambutannya di pelatihan kepemimpinan dasar.

BugisPos — Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros menggelar pelatihan kepemimpinan dasar (PKD) Angkatan ke III yang berlangsung hari ini, Kamis (26/08/2021) di Pondok Pesantren YAHBON, Desa Sawaru, Kecamatan Camba, Kab. Maros.

Ketua panitia PKD Angkatan ke III PC GP Ansor Maros, Al Aksarin menyampaikan bahwa kegiatan pengkaderan akan berlangsung mulai hari ini kamis 26 hingga minggu 28 Agustus 2021.

“Kami membatasi peserta maksimal 30 orang karena situasi pandemi covid 19, selama proses kaderisasi berlangsung penerapan protokol kesehatan akan diterapkan secara ketat, seperti phisical distancing antar peserta dan harus senantiasa menggunakan masker,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Maros, Abrar Rahman dalam sambutannya mengapresiasi kinerja panitia pelaksana PKD Angkatan ke III ini, yang dalam satu bulan ini telah bekerja keras dengan tim yang solid sehingga acara ini bisa terlaksana hari ini.

“Saya haturkan terima kasih atas khidmat seluruh sahabat-sahabat panitia atas kerja keras nya tersebut, dalam mewujudkan program atau agenda kaderisasi di GP Ansor Maros, tentu semua itu bernilai pahala yang besar disisi Allah SWT, Aamiin,” harapnya.

“GP Ansor adalah organisasi kemasyarakatan pemuda yang dilahirkan oleh organisasi terbesar di dunia bernama Nahdlatul Ulama yang memiliki tugas utama menjaga dan mengembangkan akidah Islam Ahsunnah Wal Jamaah Asy’ariah Maturudiyah,” lanjutnya Abrar.

“Amaliyah keagamaan mayoritas ummat Islam di Maros ini adalah Ahsunnah Wal Jamaah atau Asawajah Asy’ariah Maturudiyah, bukti utamanya adalah sebagian besar masyarakat kita senang Yasinan dan tahlilan dimomen-momen tertentu misalnya ketika salah satu anggota keluarga berpulang ke Rahmatullah,” tambahnya.

Selanjutnya kata Abrar, masyarakat Islam di Maros mayoritas mentradisikan perayaan maulid dan isra’ mi’raj Nabi Muhammad SAW, sholawatan, baca maulid barzanji dan perayaan hari-hari besar Islam yang lain seperti perayaan tahun baru Islam.

“Semua amaliyah tersebut, menjadi tanggung jawab utama GP Ansor bersama badan-badan otonom yang lain di NU untuk menjaganya karena semua itu adalah tradisi atau amaliyah yang baik dan mendatangkan keberkahan serta jelas dalil-dalil tuntunanya yang membolehkan didalam agama Islam, jadi bukan bid’ah dhalalah atau sesuatu yang terlarang,” tandasnya.

Tugas utama kita di GP Ansor adalah ikut melaksanakan amaliyah-amaliyah tersebut dengan menjadikannya sebagai program organisasi.

“Selanjutnya, kader GP Ansor harus terus menyampaikan dalil-dalil dari Alquran dan hadis terkait kebolehan dan keutamaan amaliyah-amaliyah tersebut, agar kita dan ummat tenang dan bersemangat dalam menjalankannya,” jelasnya.

“Sebab hari ini, ada kelompok Islam yang hobi menyerang amaliyah-amaliyah Aswajah tersebut dengan stigma bahwa itu semua sesuatu yang terlarang atau bid’ah dhalalah, karena menurut mereka tidak ada contoh atau dalil yang membolehkan dan serangan itu berlangsung massif di dunia maya dan dunia nyata,” ungkapnya.

“Semua itu harus kita jawab dengan ilmiyah, bahwa semua tradisi kita itu baik dan bukan sesuatu yang terlarang dilengkapi dalil-dalil yang shohih, itu tanggung jawab kita selaku kader GP Ansor kedepan,” jelas Abrar.

Kegiatan pelatihan kepemimpinan dasar (PKD) Angkatan III diikuti 30 orang peserta dan dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maros, H. Abd. Hafid, M. Talla dan dibuka secara resmi oleh Ketua PCNU Maros, Drs. KH. Ibnu Hajar Arief.

Hadir juga Camat Camba, H. Andi Zainuddin, Kapolsek Camba, AKP Suleman, SH. Kepala Desa Sawaru, Abdul Haris dan Babinsa Sawaru, dan ditutup dengan doa oleh Pimpinan Pondok Pesantren Yahbon, Ustad Muhamad Asri.

Editor : Syahrul

544 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya