HTTP Status[404] Errno [0]

Jangan ki Lupa Sejarah 2 September Jepang Menyerah Tanpa Syarat

02 September 2021 06:14
Jangan ki Lupa Sejarah 2 September Jepang Menyerah Tanpa Syarat

Bugispos— Kapal perang USS Missouri di bawah Komandan Douglas MacArthur tiba di Tokyo pada 30 Agustus dan langsung mengeluarkan sejumlah aturan.

Antara lain, melarang sekutu menyerang rakyat Jepang, sekutu dilarang makan makanan Jepang, dan bendera Hinomaru dilarang berkibar.

Upacara resmi penyerahan tanpa syarat Jepang berlangsung pada 2 September 1945 saat perwakilan Kekaisaran Jepang menandatangani Dokumen Kapitulasi Jepang di atas USS Missouri di Teluk Tokyo.

Penandatanganan penyerahan tanpa syarat Jepang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Mamoru Shigemitsu sebagai wakil pemerintah sipil dan Jenderal Umezu sebagai wakil militer di geladak kapal perang USS Missouri.

Kemudian Kolonel Douglas MacArthur selaku perwakilan PBB. Penandatanganan disaksikan oleh Amerika yang diwakili oleh Jenderal Richard K Sutherland.

Dengan ditandatangani penyerahan tanpa syarat, berakhir pula masa perang dan dikenal sebagai peristiwa sejarah 2 September 1945.

Sumber: cnnindonesia/D’Palallo

289 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya