Masessani, Polres Sidrap Amankan Terduga Pelaku Penipuan

03 September 2021 20:03
Masessani, Polres Sidrap Amankan Terduga Pelaku Penipuan

BugisPos – Unit Resmob Sat Reskrim Polres Sidrap di backup Tim Jatanras Polda Kaltim berhasil mengamankan terduga pelaku tindak pidana penipuan.

Terduga pelaku itu adalah lelaki inisial AR alias MA (49) yang merupakan wiraswasta asal Kecamatan Balikpapan Utara, Provinsi, Kalimantan Timur (Kaltim).

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan polisi, antara lain sebuah HP Samsung Galaxy A11. Ada juga dua lembar kartu ATM Bank Mandiri.

Kasat Reskrim Polres Sidrap, AKP Arham Gusdiar kepada wartawan mengatakan, terduga pelaku menjalankan aksinya dengan menipu warga Sidrap.

Modusnya, beber perwira tiga balok di pundaknya itu, terduga pelaku seolah-olah bertindak sebagai perantara jual beli mobil.

“Korbannya itu seorang lelaki, wiraswasta berdomisili di Kecamatan Maritenggae, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial ME,” ujarnya, Jumat, 3 September 2021

Dari kejadian itu, sambung AKP Arham, korban mengalami kerugian sebanyak Rp198 juta.

Saat ditanya, diamana terduga pelaku diamankan? AKP Arham menyebut di sebuah lokasi di Balikpapan, Kaltim.

Kasus tersebut, katanya, berawal saat korban berniat membeli mobil dan meminta tolong kepada rekannya yang ada di Jakarta untuk dicarikan mobil.

Tak berselang lama, rekan terduga pelaku melihat postingan mobil HRV warna putih type Mugen tahun 2017 yang hendak dijual di facebook.

Merasa oke dengan mobil yang dilhatnya itu, rekan korban ini lalu menghungi nomor telepon genggam atas nama terduga pelaku via Whatsapp yang tercantum di facebook

Untuk meyakinkan rekan korban, terduga pelaku berpura-pura lagi bahwa mobil yang akan dijualnya itu, saat ini sedang dititipkan di rumah iparnya, AN

“Mengakunya, mobil itu ada di tangan AN, ipatnya yang tinggal di Kota Bekasi, Jawa barat. Terduga pelaku juga menyarankan rekan korban tersebut untuk datang melihat langsung kondisi mobil, plus dokumennya,” ujar AKP Arham.

Karena sudah merasa yakin, rekan korban ini kemudian menghubungi korban. Selanjutnya, tanpa banyak tanya, korban lalu mentransfer uang Rp198 juta ke rekening yang telah diberikan terduga pelaku

Sayangnya, meski uang telah ditranfer ke terduga pelaku, namun mobil yang ingin dibelinya itu tak kunjung juga tiba. Harapan korban, sirnah.(Rls/Syd)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya