Oleh : Usdar Nawawi

Itu mi yang Hebat, Anggaran Senang-senang Dipangkas

09 September 2021 13:54
Itu mi yang Hebat, Anggaran Senang-senang Dipangkas

BugisPos — Sepanjang pemerintahan di Kota Makassar selama dua tahun dipegang Penjabat (Pj) Wali Kota, utamanya pada Pj pertama dan Pj ketiga. Pj kedua tak bisa dihitung sebab umurnya jauh kurang dari seumur jagung. Sungguh bisa terlihat program anggaran yang tak terarah. Bahkan aset Pemkot untuk lahan pembangunan Balai Kota yang baru, malah dioper kayak bola volly saja menjadi lahan milik Pemprov.

Kini, Wali Kota Danny Pomanto, menemukan anggaran yang disebutnya Anggaransenang-senang di APBD pokok. Pada akhirnya dipangkas. Ya untuk apa memangnya anggaran senang-senang itu dipertahankan, kalau tak punya manfaat.

Yang ironis pula, adalah kebijakan Pj yang melenyapkan anggaran publikasi di semua OPD dan Kecamatan. Padahal mereka juga paham, bahwa kegiatan OPD dan Kecmatan harusnya dipublis secara profesional, agar masyarakat mengetahui anggaran milik rakyat itu digunakan seperti apa.

Dampaknya, selama pemerintahan Pj selama dua tahun itu, sangat minim diketahu masyarakat. Pengumunan ABPD demikian besarnya, namun rakyat tak mengetahui seperti apa penggunaannya.

Maka apa salahnya bila anggaran Rp 680 miliar yang dipangkas itu, dialihkan sebagian saja sebagai anggaran publikasi OPD dan Kecamatan ? Ini cuma usulan saja, semoga semua kegiatan OPD dan Kecamatan bisa terpublis secara profesional melalui media resmi yang diakui negara ***

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya