Penulis : Rahman Rumaday (Ketua MPO HIPMA GTT Makassar)

Semangat Hilidan Bentuk Kabupaten SBT, Bagaimana Kesejahteraannya ?

13 September 2021 17:45
Semangat Hilidan Bentuk Kabupaten SBT, Bagaimana Kesejahteraannya ?

BugisPos — Sedikit merefresh ingatan kita tentang bagaimana berdirinya Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) tidak terlepas dari peran besar para pemuda. Dengan Semangat HILIDAN yang ada pada jiwa-jiwa para pemuda SBT, mereka terus berjuang.

Letak geografis daerah yang dengan medan yang berat tidak menjadi kendala bagi pemuda SBT waktu itu demi terbentuknya sebuah Kabupaten yang bernama SBT, wilayah yang terdiri mulai dari Pulau Teor, Kiswui, Pulau Gorom, sampai Tanah Besar.

Mereka mengarungi lautan tanpa gentar dengan terjangan ombak, menyusuri sungai dan menerobos lebatnya hutan rimba tanpa mengenal lelah, menyapa masyarakat dan mendiagnosa fenoma yang terjadi selama mereka berada di bawah pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah. Para pemuda terus bergerak demi tercapai sebuah cita-cita besarnya yaitu lahirnya Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Atas berkat dan Ridho Allah SWT, perjuangan dan niat baik para pemuda SBT tersebut, maka Allah SWT menghadiahkan sebuah kabupaten yang bernama Kabupaten Seram Bagian Timur atau disingkat menjadi Kabupaten SBT.

Kabupaten Seram Bagian Timur dengan

Dengan motto “Ita Watu Nusa” memiliki luas wilayah kurang lebih 15.887,92 Km2 yang terdiri luas laut 11.935,84 Km2 dan luas daratan 3.952,08 Km2 dengan 16 kecamatan yakni (1). Kecamatan Siwalalat, (2). Kecamatan Bula. (3). Kecamatan Pulau Gorom (4). Kecamatan Seram Timur. (5). Kcamatan Werinama. (6). Kecamatan Wakate. (7). Kecamatan Tutuk Tolu. (8). Kecamatan Teor. (9). Kecamatan Pulau Panjang. (10). Kecamatan Bula Barat. (11). Kecamatan Kilmury. (12). Kecamatan Gorom Timur. (13). Kecamatan Teluk Waru. (14). Kecamatan Siritaun Wida Timur. (15). Kecamatan Kian Darat. (16). Kecamatan Ukar Sengan.

Lalu apa masyarakat sudah dirasakan? Bagaimana kesejahteraannya? Apakah akses perekonomian untuk melahirkan kesejahteraan masyarakat sudah terpenuhi? Bagaimana akses transportasinya antar pulau yang satu dengan yang lain? Pelayanan kesehatan dan akses untuk mendapatkan kesehatan sudah terpenuhi dengan baik dan mudah? Dan bagiamana dengan jaminan akses pendidikan yang didapatkan, apakah sudah terpenuhi dengan baik?? Lalu bagaimana juga dengan pelayanan terkait administrasi kependudukannya, apakah sudah terpenuhi dengan baik dan dapat dijangkau dengan mudah?. Semua itu seakan-akan terlupakan dengan regulasi dan kebijakan pemerintah yang kaku seperti mayat berjalan tanpa nyawa.

Bagaimana tidak!, semua pusat pelayanan yang menjadi kebutuhan masyarakat berpusat pada satu tempat yang apabila masyarakat membutuhkan mereka harus membutuhkan waktu yang lama, mengeluarkan biaya yang cukup besar. Tidak sampai disitu, mereka harus menyebrang lautan dengan taruhan nyawa.

Misalnya pengurusan KTP dan KK mereka harus ke pusat ibu Kota Kabupaten dengan mengeluarkan biaya pulang pergi kurang lebih Rp. 500.000, belum lagi biaya hidupnya selama ada di ibu Kota Kabupaten yang memakan waktu kurang lebih 1 minggu, itu pun belum tentu mereka langsung dapatkan sepotong kartu bersegi empat yang bernama KTP dan selembar dokumen yang bernama Kartu Keluarga atau KK.

Lalu apa gunanya UPTD atau Kantor Kecamatan yang hadir di setiap Kecamatan? Apakah hadir sebagai salah satu syarat terbentuknya sebuah Kecamatan di daerah tertentu? Atau sebagai bukti bahwa daerah tersebut sudah jadi Kecamatan? Atau apa maksud dan tujuan serta fungsi dari itu semua?. Bukankah itu hadir sebagai pusat dimana setiap kebutuhan masyarakat dapat dilayani sehingga masyarakat mudah dalam melakukan pengurusan setiap kebutuhannya dan juga dapat meringankan beban masyarakat terutama beban materi!.

Jika kita melihat dari segi wilayah, Kabupaten SBT memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah serta didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni, bahkan sumbangan terbesar APBD Kabupaten Maluku Tengah berasal dari Kabupaten SBT, tapi mengapa mereka tidak menikmati itu semua?.

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya