HTTP Status[404] Errno [0]

Areddi Pesan Nasampaikan Bupati Andi Utta di Festival Budaya Kajang

15 September 2021 21:19
Areddi Pesan Nasampaikan Bupati Andi Utta di Festival Budaya Kajang

BugisPos – Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf bersama Wabup H. A. Edy Manaf S.Sos menghadiri kegiatan Festival Budaya Kajang di Dusun Balagana Desa Tanah Towa Kecamatan Kajang, Rabu (15/9/2021).

Acara yang diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Adat Ammatoa Kajang yang mengusung tema “Pelestarian Budaya Kajang Ammatoa untuk Kesejahteraan Sosial”, dihadiri pula Kepala Dinas Pariwisata Bulukumba Muh Ali Saleng SH. M.Si, sejumlah Anggota DPRD Bulukumba, Kepala Desa Tanah Towa Salam SE, para Tokoh Adat, Tokoh Agama, serta Tokoh Pemuda Masyarakat Kajang. Hadir pula Dr. Syamsul Ma’rif salah satu Dosen di Universitas Gajah Mada Jogjakarta.

Ketua Panitia penyelenggara acara Kamsuri Muslim S.Pd menjelaskan, Festival Budaya Kajang yang juga menjadi salah satu Calendar of Event (COE) Dinas Pariwisata Kabupaten Bulukumba direncanakan akan dihelat mulai 15 September 2021 hingga tanggal 19 September 2021.

Menurutnya, rangkaian kegiatan yang akan ditampilkan yaitu pada bidang seni meliputi Basing, Kelong Jaga, Angngaru, Tari Tradisional, Rupama, dan Kecapi.

Selain itu ditampilkan pula permainan tradisional yakni Ganrang-ganrang, Kaddaro, dan Dongga Sai.

” Tujuan Festival Budaya Kajang untuk meningkatkan pengetahuan mengenai budaya dan bahasa, meningkatkan kebudayaan lokal ke internasional, meningkatkan dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan masyarakat untuk memperkaya seni budaya bangsa Indonesia, untuk hiburan dan edukasi, untuk menyatukan berbagai komunitas didalam masyarakat, untuk promosi usaha, serta sebagai usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya masyarakat Kajang,” jelas Kamsuri

Sementara itu Bupati Bulukumba HA Muchtar Ali Yusuf yang akrab disapa Andi Utta menyampaikan, rasa syukur karena Kabupaten Bulukumba memiliki kawasan adat Ammatoa yang masih terjaga sampai saat ini, sehingga hal tersebut menjadi sektor andalan dari wisata budaya di Bulukumba.

” Keberadaan kegiatan seperti ini, akan semakin mengenalkan bahwa Bulukumba memiliki banyak ragam budaya, bukan hanya karya Phinisi yang telah menjadi warisan Budaya Dunia Takbenda, tetapi juga ada warisan budaya di Tanah Towa Kajang,” sebut Andi Utta.

” Festival budaya seperti ini sangat penting dilakukan secara kontinyu, sehingga seni budaya di daerah kita dapat terpelihara dengan baik,” pesan Bupati Andi Utta.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, sambung Bupati, maka perlu peningkatan kesadaran semua pihak untuk terus didorong kearah proses perubahan yang lebih baik, secara sinergis bersama semua elemen kepariwisataan, dengan menyusun rencana tindak secara terencana, terprogram dan berkelanjutan dengan memanfaatkan segala sumber daya lokal dan pelibatan seluruh pihak.

” Contohnya pelaksanaan Festival Budaya Kajang yang melibatkan generasi muda dalam mengembangkan kreatifitasnya sebagai bentuk menjaga, melestarikan, dan memelihara budaya yang dimiliki. Dan saya berharap kegiatan seperti ini harus terus didukung oleh kita semua, khususnya dari pemerintah desa, untuk memberikan pembinaan dan pendampingan generasi muda dalam mengembangkan kreasi bidang seni budaya,” papar Andi Utta

Pada kesempatan itu, Bupati Andi Utta juga mengukuhkan pengurus Pokdarwis Adat Ammatoa Kajang, Dan disela-sela acara, terlihat Wabup H. A. Edy Manaf yang mengenakan Passapu berjalan menuju panggung untuk menikmati pertunjukan seni yang disajikan, sambil berbincang dengan sejumlah Tokoh Adat dan masyarakat Desa Tanah Towa.- ( Rls/ Suaedy )

672 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya