Sumanga’, Prof Jasruddin Tinjau Lokasi Laboratorium Pertanian YAPTI

18 September 2021 19:12
Sumanga’, Prof Jasruddin Tinjau Lokasi Laboratorium Pertanian YAPTI
Dilokasi laboratorium pertanian YAPTI, Prof Jasruddin berbincang dengan ketua YSPTI Drs. H. Anwar Rivai, Jumat (17/9).( Foto. Ardhy M Basir )

BugisPos — Kepala LLDikti Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Prof Dr Jasruddin M.Si, Jumat, 17 September 2021 meninjau lokasi pembangunan laboratorium pertanian Yayasan Pendidikan YAPTI Turatea Jeneponto yang akan dibangun dalam waktu dekat ini.
Laboratorium yang merupakan perangkat penunjang pendidikan di lingkungan yayasan pendidikan khususnya di Yayasan Pendidikan YAPTI Turatea Kab. Jeneponto ini berlokasi di Kecamatan Bonto tangga Jeneponto tepatnya diperbukitan Taman Tayuta.

Taman seluas 4 hektar itu ditumbuhi berbagai tanaman berupa pohon mangga, jeruk dan pohon bambu Jakarta.

Dihadapan ketua Yayasan YAPTI Drs. H. Anwar Rivai, Prof Jasruddin mengatakan lokasi ini sangat tepat karena berada dilokasi yang dikelilingi pepohonan, apa lagi memiliki tanah persawahan dan perkebunan yang nantinya bisa menjadi percontohan.

Dikatakan, laboratorium sebagai pusat kajian pertanian akan mampu meningkatkan hasil produksi pertanian , sekaligus kualitas akan dapat dijaga secara berkelanjutan.

Dengan adanya laboratorium pertanian dengan sendirinya akan mendorong meningkatnya kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

“Petani-petani ini akan melahirkan produk-produk unggulan hasil silang dan percobaan laboratorium yang berfokus bukan hanya pada hasil, tapi juga pada proses pembenihan ” kata Prof. Jasruddin.

Untuk meningkatksn kesejahteraan petani ini, tak hanya perlu bibit unggul, pemupukan sempurna serta ketersediaan air, melainkan petani juga harus diajarkan untuk mengetahui hama penyakit dan penanggulangannya yang sampai saat ini masih menjadi musuh bagi petani.

Selama ini petani hanya tau bercocok tanam. Bila ada serangan hama mereka hanya pasrah dengan kondisi itu.

“Jika ada laboratorium petani akan belajar keluar dari siklus hama tersebut, tak hanya itu, merekapun akan bisa melahirkan varian varian baru untuk meningkatkan produktivitadnya”ujarnya lagi.

Rombongan Prof Jasruddin diterima oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi YAPTI Turatea Jeneponto Drs. H. Anwar Rivai didampingi para dosen YAPTI masing masing DR. Msksum Hakim, Sahabuddin Tompo SPA. SE. MSi, Drs. H. Baso Asdar MM, Drs. H. Syahrir Zaini M.Pd dan DR. Rachman.. (ab/darna)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya