HTTP Status[404] Errno [0]

Tauwwa, Mentan SYL Terpilih ki jadi Ketua G-20 di Italia

19 September 2021 18:36
Tauwwa, Mentan SYL Terpilih ki jadi Ketua G-20 di Italia

BugisPos – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) terpilih menjadi Ketua G-20 Bidang Pertanian yang dinobatkan dalam Agriculture Ministerial Meeting G-20 yang diselenggarakan di Florence Italia, 16-18 September 2021.

Ini adalah sebuah forum pertemuan menteri pertanian dari negara anggota G-20.

“Insya Allah amanah ini akan saya kerjakan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan pertanian tanah air, dan upaya mendorong sistem pangan dunia yang berkelanjutan, inklusif, dan tangguh di tengah krisis,” ujar SYL

Forum G20 sendiri merupakan forum internasional yang terdiri dari 19 negara ditambah Uni Eropa. Forum ini dibentuk pada 1999 dengan fokus pada perekonomian dan keuangan global.

G20 berisikan kumpulan negara dengan ekonomi terbesar yaitu mencapai 80 persen produk dunia bruto, 75 persen perdagangan dunia, dan 60 persen populasi dunia. G20 tidak memiliki ketua tetap, sehingga tiap tahun salah satu anggota grup digilir menjadi presidensi G20.

Tahun depan Indonesia bakal memimpin pertemuan G20 alias menjadi presidensi dari kelompok negara dengan perekonomian besar tersebut, menggantikan Italia yang menjadi presidensi G20 pada 2021. Pertemuan akbar itu rencananya akan digelar pada November 2022.

Tentu menjadi presidensi G20 merupakan panggung besar buat Indonesia, terlebih di tengah ekonomi global yang terpuruk akibat terpapar pandemi Covid-19.

Penunjukan sebagai presidensi G20 membuktikan persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis. Presidensi G20 merupakan momentum bagi Indonesia untuk unjuk gigi memimpin pemulihan ekonomi dunia.(**)

470 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya