Bupati Andi Utta Apresiasi ki Tauwwa Dinas Dukcapil

23 September 2021 19:21
Bupati Andi Utta Apresiasi ki Tauwwa Dinas Dukcapil

BugisPos.– Bupati Bulukumba H. A Muchtar Ali Yusuf menyampaikan apresiasi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sulawesi Selatan, dalam memberikan penilaian berupa penghargaan Top 30 Inovasi Pelayanan Publik atas Inovasi Ramah Adat yang di inisiasi Disdukcapil Kabupaten Bulukumba.

Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf pada Kunjungan Kerja (Kunker) Disdukcapi Provinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Bulukumba, dalam rangka meninjau Program Ramah Adat dan percepatan penyaluran Kartu Identitas Anak (KIA) Kamis (23/9/2021).

“ Kita harus mengapresiasi Dinas Dukcapil Bulukumba yang telah melakukan berbagai terobosan dan inovasi, begitu pula kami juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan, karena beberapa hari yang lalu telah menilai dan memberikan penghargaan atas inovasi ramah adat oleh disdukcapil bulukumba,” sebut Andi Utta, sapaan akrab Bupati Bulukumba.

Dia menyebutkan, layanan dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah hak setiap warga negara untuk mendapatkan dan diberikan pelayanan. Seperti pelayanan dan penerbitan Kartu Keluarga, e-KTP, Akta Kelahiran serta Kartu Identitas Anak (KIA).

Menurutnya, hal ini penting didukung bersama oleh jajaran pemerintah dan saling menjalin kerjasama maupun kolaborasi dengan berbagai elemen, sehingga cakupan layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil dapat lebih maksimal.

” Sudah menjadi kewajiban bagi setiap OPD, termasuk Dinas Dukcapil untuk memberikan layanan publik yang lebih ramah, lebih cepat, dan professional,”tegas Bupati Andi Utta.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sulawesi Selatan Sukarniaty Kondolele menyebutkan, kunjungannya saat ini untuk memantau dan mastikan penyerahan KIA, dimana Kabupaten Bulukumba telah melakukan perekaman data KIA sebanyak kurang lebih 46 ribu anak.

Selain itu, dia juga meninjau langsung serta memonitoring layanan Inovasi Ramah Adat di kawasan Adat Ammatoa Kajang yang meraih penghargaan dari Plt Gubernur Sulawesi Selatan.

“Kami berencana untuk meninjau langsung perekaman di daerah Kajang, sekaligus untuk mendukung inovasi dari Pemerintah Kabupaten,” jelas Sukaniaty.

Sukarniaty juga menjelaskan manfaat KIA, yaitu salah satunya anak dapat memiliki ataupun mengurus paspor sendiri tanpa harus ikut paspor orang tua dengan cara menginput NIK yang ada pada KIA.

Selain itu dia berharap ada kebijakan dari Pemerintah Daerah Bulukumba untuk memberikan kemudahan dan manfaat pemilik KIA.

Dia menyebutkan, ada beberapa daerah, yang memberikan discount kepada anak yang sudah memiliki KIA . Misalnya untuk baju sekolah, buku dan lain sebagainya.

” Melalui kebijakan Bupati, mungkin bisa juga menggratiskan anak pemegang KIA di tempat wahana bermain dan sebagainya,” harap Sukarniaty.

Setelah menyerahkan KIA kepada siswa-siswi di MTsN 2, Bupati beserta rombongan Disdukcapil Provinsi Sulawesi Selatan, termasuk Kepala Kemenag Bulukumba H.Muh.Yunus, Camat Bulukumpa Salman Z
Patongai bergerak menuju kawasan Adat Ammatoa Kecamatan Kajang.-( Rls/Suaedy )

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya