Coco’mi Seniman Makassar Dukung Sekolah Berbasis Budaya Lokal

23 September 2021 22:21
Coco’mi Seniman Makassar Dukung Sekolah Berbasis Budaya Lokal
Achmad Fauzi dan Ahmad Anzul, dua orang perupa Makassar ketika ditemui BugisPos di SMAN 1 Makassar

BugisPos — Seniman di Makassar khususnya dan di Sulsel umumnya, sangat mendukung seluruh kegiatan berbasis budaya lokal.

Apalagi di Sulsel dengan keaneka ragaman budayanya, sangat perlu pengembangan yang lebih serius lagi, utamanya pengembangan budaya melalui muatan lokal sejak dini. Pengembangan budaya lokal itu, paling tepat dilaksanakan di sekolah-sekolah, baik itu tingkat dasar hingga menengah.

Hal ini diungkapkan oleh Achmad Fauzi dan Ahmad Anzul, dua orang perupa Makassar ketika ditemui BugisPos di SMAN 1 Makassar, Kamis (23/9/2021).

Menurut Oci, panggilan akrab Achmad Fauzi, sekolah yang berbasis budaya lokal daerahnya, akan menciptakan karakter anak yang memiliki mental dan spritual penuh adab.

“Karena budaya bangsa kita itu mengajarkan kita bagaimana memiliki budi pekerti yang tinggi, adab berbicara kepada orang tua dan guru dengan sopan, penghambaan diri kepada Tuhan itu divisualisasikan melalui gerak dan rasa, baik itu lewat seni tari, seni rupa, musik, tari dan literasi sastra, bahkan dongeng pengantar tidur anak itupun sarat dengan pesan dan nasehat,” urainya.

“Maka dari itu, saya bersama saudara Ahmad Anzul sangat mendukung pihak SMAN 1 Makassar ini, melalui Kepala Sekolahnya, ibu Andi Fasdhillah yang mencanangkan program Sekolah Budaya ‘Taro Ada Taro Gau’ ini. Salah satu buktinya, dengan pembuatan patung bernuansa kontemporer figur sepasang pemain alat musik gendang (pa’gandrang) dan kacaping (pa’kacaping) di sekolahnya,” papar pria berkaca mata yang juga pendidik ini.

“Upaya SMA 1 Makassar untuk sekolah budaya dengan unsur muatan lokal ini, patut diapresiasi oleh semua pihak, baik itu pemerintah, pihak orang tua siswa yang tergabung di paguyuban atau komite sekolah, pihak swasta bahkan ikatan alumni sekolah ini,” tambahnya.

“Niat baik dari beliau ini (Kepsek SMA 1) jangan sampai kendor karena kurang dukungan, maka dari itu kami sebagai seniman di Makassar sangat mendukung sekolah berbasis budaya lokal,” pungkas Achmad Fauzi.

“Coco’mi Sappo,” timpal Anzul menutup wawancara. (Awing)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya