BPN Wajo, Tetap ki Berupaya Untuk Fasilitasi Penyelesaian Ganti Rugi Bendungan Paselloreng 100 persen

24 September 2021 20:06
BPN Wajo, Tetap ki Berupaya Untuk Fasilitasi Penyelesaian Ganti Rugi Bendungan Paselloreng 100 persen

BugisPos – Dalam kegiatan jumpa pers, bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) ke – 61 tahun 2021, Jumat 24 September 2021 di Cafe Lounge, Jalan Pahlawan Sengkang, Kepala Kantor Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Wajo, Syamsuddin Kadir menyampaikan terkait pembayaran ganti kerugian Bendungan Paselloreng yang sudah melalui proses musyawarah penetapan bentuk ganti kerugian, sehingga proses pembayaran Bendungan Paselloreng Sudah Mencapai 93 Persen.

Bendungan Paselloreng yang baru saja diresmikan oleh presiden RI Joko Widodo, masih tanah dan tanaman milik warga yang belum terselesaikan.

Hal tersebut disampaikan Syamsuddin, bahwa peresmian yang dilakukan oleh Jokowi bukan akhir dari segalanya. ATR/BPN Kabupaten Wajo, tetap berupaya untuk memfasilitasi penyelesaian ganti rugi tanah dan tanaman warga.

“Saya telah mengusulkan agar pemerintah pusat segera menyelesaikan pembayaran ganti rugi tanah dan tanaman warga yang tinggal sisa 7 persen yang belum terbayar ,” jelasnya.

”Pembayaran ganti rugi sudah terealisasi 93 persen, tersisa 7 persen yang belum terbayar,” ungkapnya.

Kepala Kantor BPN, juga menyinggung Pendaftaran tanah sistematis lengkap ( PTSL) dimana ptsl ini dapat mencangkup secara menyeluruh semua sektor.

PTSL Hadir sejak tahun 2017 sampai tahun ini, dan ptsl sudah berhasil menghasilkan sertipikat untuk masyarakat sudah mencapai puluhan ribu lembar di kabupaten wajo.

“PTSL sudah menghasilkan sertipikat untuk masyarakat sudah puluhan ribu lembar dan itu di gratiskan oleh pihak pemerintah pusat,” kata Syamsuddin

Kehadiran PTSL ini dapat menghindarkan adanya tumpang tindih lahan, karena lahan akan di petakan secara menyeluruh di setiap desa atau kelurahan,” pungkas Syamsuddin.

Kepala ATR/BPN ini, mengharapkan adanya dukungan dan sinergitas dari Pers membantu BPN dalam hal masalah pertanahan di Kabupaten Wajo.

“Hari ini bertepatan dengan hari Agraria, saya harap dukungan dan sinergitas teman wartawan terhadap ATR/BPN Wajo. Kami butuh dukungan moril untuk membantu dan memantau kinerja BPN dalam melaksanakan tugas,” pungkasnya

Hadir dalam acara jumpa pers adalah Mirna Kasi Pengendalian dan Penyelesaian Sengketa,Syahdan Kasi Survey dan Pengukuran, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Wajo Syamsuddin, Andi Akhyar Anwar Kasi Pengadaan Tanah dan Pengembangan dan Abd.Salam Kasubag TU Kantor Pertanahan Wajo. (A. Baso Edy)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya