Laporan : Langsung Wartawan Bugispos.com PON Papua XX (ASRIEL SYAHRIAL)

Heba’na , Tim Futsal Sulsel Kalahkan Maluku Utara 4-1

24 September 2021 22:50
Heba’na , Tim Futsal Sulsel Kalahkan Maluku Utara 4-1
Caption Pemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan cabor Futsal PON XX Papua babak penyisihan grup di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021).(IST)

Bugispos — Cabang Olahraga (Cabor) tim Futsal Sulawesi-Selatan (Sulsel) meraih kemenangan perdana di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX.

Tidak tanggung-tanggung, tim futsal Sulsel merontokkan salah satu tim kuat di Grup B yang juga peraih medali perak pada PON XIX Jawa Barat 2016, Maluku Utara. Skor telak 4-1 di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9/2021) malam.

Selanjutnya Sulsel akan berhadapan dengan salah satu tim kuat di Grup B yakni Jawa Timur pada Sabtu pagi (25/9/2021). Kedua tim ini mempunyai sejarah prestasi futsal superior.

Jawa Timur adalah peraih medai perunggu (peringkat 3) PON XIX 2016 Jawa Barat. Sementara Sulsel runner-up FFI Championship 2017.

“Hasil besok akan menetukan langkah selanjutnya. Insya Allah kalau besok bisa menang kita akan lolos. Mohon doa masyarakat Sulsel. Semoga on the track menuju medali emas,” Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulsel Ahmad Susanto saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat malam.

Ahmad Susanto mengaku bangga atas capaian yang raih tim Futsal Sulsel. Ia berharap laga kedua menghadapi Jawa Timur bisa mendapat hasil maksimal.

‘’Hasil hari ini patut disyukuri. Menghadapi pertandingan kedua besok saya berharap pemain jangan berpuas diri, karena perjalanan menuju final masih panjang,” ujar Amad.

Kemenangan yang diraih tim Futsal Sulsel tidak mudah. Pasanya Syamsul Hadi dkk harus berjuang habis-habisan kala tertinggal 0-1 di babak pertama. Perjuangan dan semangat tinggi anak asuh Azhar Rahman kemudian mampu membalikkan keadaan menjadi 4-1.

Permainan kedua tim sangat ketat di awal laga. Mereka saling menunujukkan kemampuan terbaiknya. Maluku Utara sempat membuat pertahanan Futsal Sulsel tertekan. Terbukti mereka unggul lebih dulu.

Tertinggal 1-0, anak-anak Sulsel bermain cepat. Mereka berhasil menekan pertahanan Maluku Utara. Memasuki babak kedua tim futsal Sulsel sukses membalas. Empat gol mereka jebloslan ke gawang Malut.

Di PON XX Papua Sulsel berada di grup B bersama Jatim, Malut, Banten dan Jawa Barat yang merupakan juara bertahan peraih medali emas PON Jabar.

Azhar Rahman mengakui pada babak pertama anak asuhnya bermain tidak tenang. “Finishing kurang maksimal sehingga banyak peluang sia-sia,” ujarnya usai laga.

Namun, pada babak kedua pemain mulai fokus. Seluruh pemain mampu mengontrol diri. Hasilnya terbukti efektif. Mereka mampu mengkonfersi gol dari peluang-peluang yang tercipta. Azhar mengutarakan, laga ini menjadi modal semangat bagi timnya menghadapi Jatim. Karena dari segi kebugaran, Jatim lebih baik karena tidak main pada hari pertama Jumat hari ini.

“Di grup B ada lima tim. Jatim jadi tim yang menunggu,” katanya.(asriel)

Berikut hasil pertandingan futsal PON Papua, Jumat (24/9/2021):

Grup A :

Papua vs Sumatera Utara 2-1
Kepulauan Riau vs NTB 1-9
Grup B :

Jawa Barat vs Banten 4-2
Sulsel vs Maluku Utara 4-1
Jadwal pertandingan Sabtu, 25 September 2021

Grup A :

Pukul 11.00 WIT: Kalimantan Barat vs Kepulauan Riau
16.00 WIT: NTB vs Papua
Grup B :

Pukul 08.30 WIT: Jawa Timur vs Sulawesi Selatan
Pukul 13.30 WIT: Maluku Utara vs Jawa Barat

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya