Aliansi Indonesia : Kasus ‘Becce’ Jadi Pelajaran, Orang Berpendidikan Tinggi Harus ki Punya Etika

01 October 2021 21:39
Aliansi Indonesia : Kasus ‘Becce’ Jadi Pelajaran, Orang Berpendidikan Tinggi Harus ki Punya Etika
Ketua DPD Aliansi Indonesia Kota Makassar Ibrahim Anwar

BugisPos — Ketua DPD Aliansi Indonesia Kota Makassar Ibrahim Anwar mengatakan bahwa orang yang berpendidikan tinggi harus punya etika seketika mengeluarkan pendapat atau komentar di muka umum.

“Kasus dugaan pelecehan profesi wartawan oleh oknum anggota komite SMAN 5 Makassar menjadi pelajaran kita semua bahwa siapapun di muka bumi ini, tidak boleh melecehkan, menghina atau merendahkan profesi seseorang,” ucapnya kepada BugisPos, Jumat (1/10/2021).

“Apalagi kepada profesi yang oleh negara diberikan UU tersendiri yaitu UU Pers Nomor 40 tahun 1999. Karena berdasarkan video yang beredar, para wartawan yang hadir di SMAN 5 itu merupakan undangan dari Polda Sulsel untuk liputan vaksinasi pelajar yang kebetulan dilakukan di sekolah itu. Jadi selayaknya diperlakukan dengan baik,” ungkapnya.

“Kita tidak memungkiri bahwa ada sebagian oknum wartawan yang bekerja tidak sesuai kode etik, akan tetapi sebagai orang yang mengaku memiliki pendidikan tinggi dibanding wartawan, tidak boleh menggeneralisir semua wartawan. Itu keliru, sekali lagi keliru,” tegasnya.

“Saya rasa sangat tepat tindakan dari PWI Sulsel untuk membawa kasus ini ke ranah hukum, agar semua menjadi terang benderang dan menjadi pelajaran kita semua untuk dapat saling menghargai dan tidak melecehkan profesi seseorang,” tutupnya

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya