Sekwil JOIN Sulsel : Mau Becce ataupun Baco, Tidak Boleh ki Merendahkan Profesi

01 October 2021 21:53
Sekwil JOIN Sulsel : Mau Becce ataupun Baco, Tidak Boleh ki Merendahkan Profesi
Sekretaris JOIN Sulsel Sudarman Djoni atau akrab disapa Aly Mitos

BugisPos — Sekretaris JOIN Sulsel Sudarman Djoni atau akrab disapa Aly Mitos menyayangkan peristiwa yang terjadi di SMAN 5 Makassar.

Menurutnya, peristiwa semacam itu sebenarnya tak perlu terjadi, apabila masing-masing pihak dapat menahan diri.

“Fatalnya, oknum wanita dalam video yang mengaku bernama Becce itu, tidak menyebut oknum wartawan akan tetapi menyamaratakan wartawan. Saya fikir inilah yang memicu kemarahan dari insan pers yang ada di Indonesia,” terangnya.

“Tapi kita dapat mengambil pelajaran dari peristiwa itu, biarlah dibawa ke ranah hukum bagi yang ingin membawanya, akan tetapi ini menjadi pelajaran berharga bagi wartawan yang bergabung di JOIN pada khususnya dan wartawan Indonesia pada umumnya, agar bekerja secara profesional sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik,” ulas pria berkepala plontos ini.

“Itulah kami di JOIN dalam setiap pertemuan baik itu pertemuan biasa, pertemuan rutin bahkan pelantikan DPD, kami selalu membuat pelatihan jurnalistik bekerja sama dengan Pusdiklat JOIN Nasional. Ini bertujuan agar apa yang dituduhkan oleh oknum wanita dalam video tidak terjadi,” lanjutnya.

“Selain Kode Etik Jurnalistik dan UU Pers, kami juga selalu menekankan sikap dan adab ketimuran kita, apalagi kita di Sulsel ada istilah Taro Ada Taro Gau dan Sipatuo Sipatokkong. Ini apabila diterapkan, tidak ada lagi orang-orang di Sulsel yang merendahkan profesi seseorang,” imbuhnya.

“Jadi mau Becce ataupun Baco tidak boleh ki merendahkan profesi seseorang,” tegasnya menutup pembicaraan bersama BugisPos, Jumat (1/10/2021).

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya