Rusak Tak Berfungsi mi Kran Air Siap Minum di Anjungan Losari

10 October 2021 14:28
Rusak Tak Berfungsi mi Kran Air Siap Minum di Anjungan Losari
Inilah salah satu instalasi Kran Air Siap Minum (KASM) di Anjungan Losari kota Makassar yan telah rusak tak berfungsi dijadikan bak penampungan sampah plastik kresek/Foto: Mahaji Noesa

BugisPos – Dua instalasi Kran Air Siap Minum (KASM) di anjungan Losari, pantai kebanggaan warga kota Makassar kini sudah rusak berantakan. Tidak berfungsi.

Salah satu instalasi KASM yang dipasang di pelataran depan masjid terapung Amirul Mukminin Anjungan Losari talangan airnya tampak dijadikan tempat penampungan sampah plastik kresek.

“Sallo mi (Bhs. Makassar, maksudnya: Telah lama) krannya rusak. Airnya mati tidak jalan,” komentar seorang pedagang asongan di Anjungan Losari saat BugisPos.com Minggu (10/10/2021) pagi memotret instalasi KASM yang rusak tersebut.

Kondisi instalasi KASM yang satunya, terpasang di depan pelataran Mandar – Toraja Anjungan Losari lebih parah lagi. Dudukan beton dan besi-besi stainleesnya berantakan banyak telah tercopot.

Instalasi KASM di tepi Lapangan Gelaran Hasanuddin Jl Jenderal Sudirman kota Makassar juga sudah lama rusak tak berfungsi/Foto: Mahaji Noesa

Kehadiran instalasi KASM di ruang publik kota Makassar tersebut sejak tahun 2015 menjadi kebanggaan Pemkot Makassar sebagai salah satu ciri layanan publik di kota yang telah maju.

Pengadaan instalasi KASM dilakukan pihak Perumda ketika masih berstatus sebagai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Makassar. PDAM berubah menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum kota Makassar tahun 2019 dengan pengubahan prosentase pembagian laba, ada untuk dana cadangan 20 persen, kelengkapan perusahaan 5 persen, dan 5 persen untuk pegawai.

Sewaktu awal-awal pemasangan, menurut seorang tenaga kebersihan Anjungan Losari, hampir setiap hari ada petugas yang datang memeriksa KASM tersebut.

Selain di Anjungan Losari, instalasi KASM juga masing-mading satu dipasang dalam area pedestrian Lapangan Karebosi, Taman Balaikota, dan Lapangan Gelora Hasanuddin di Jl Jenderal Sudirman kota Makassar.

Kini instalasi KASM tersebut kondisinya sama dengan yang ada di Anjungan Losari. rusak tak berfungsi, kecuali di Lapangan Karebosi masih memancarkan air.

Instalasi KASM di Taman Balaikota yang rusak tak berfungsi/Foto: Mahaji Noesa

Hanya saja, sejumlah warga yang rutin jogging saat hari libur di pedestrian Karebosi terlihat lebih banyak menggunakan air dari KASM tersebut untuk menyuci tangan atau membasuh wajah.

“Tidak pernah diperiksa, jadi kami ragu untuk langsung meminum air dari kran itu, selain untuk cuci tangan dan cuci muka,” komentar Nanna, seorang ibu jogging Minggu (10/10/2021) di pedestrian Lapangan Karebosi.

Belum diperoleh keterangan resmi mengapa pihak Perumda Air Minum kota Makassar tidak melakukan perbaikan dan pemeliharaan terhadap sejumlah instalasi KASM di ruang-ruang publik.

Pembuatan KASM tersebut telah menghabiskan dana Rp30 juta per satu instalasi. (aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya