Ini mi Secercah Harapan Disandarkan Melalui TMMD Wujudkan Impian Masyarakat

15 October 2021 17:59
Ini mi Secercah Harapan Disandarkan Melalui TMMD Wujudkan Impian Masyarakat
Kapendam XIV/Hsn Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H.

BugisPos – Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin menggelar TMMD ke-112 tahun 2021. Program ini dilaksanakan secara serentak ditiap-tiap Kotama (Kodam) mulai tanggal 15 September sampai 14 Oktober 2021.

Adapun sasaran TMMD di jajaran Kodam XIV/Hasanuddin diantaranya Kodim 1404/Pinrang di Kabupaten Pinrang, Kodim 1422/Maros di Kabupaten Maros, Kodim 1428/Mamasa di Kabupaten Mamuju dan terakhir di Kabupaten/Kota Kendari yaitu Kodim 1417/Kendari.

TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) mengingat tujuannya sebagai wujud kolaborasi sinergitas TNI/Polri maupun pemerintah daerah (Pemda) dan elemen yang terkait lainnya guna mensejahterakan kehidupan masyarakat ini menjadi komitmen TNI AD sebagai bentuk aplikasi dari 8 Wajib TNI untuk kemaslahatan rakyat.

Sebagaimana diketahui dalam sasaran TMMD adalah secara fisik dan non fisik, dengan membangun infrastruktur sarana dan prasarana seperti halnya pengerasan jalan, rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), pembangunan tempat ibadah dan sasaran lainnya. Sedangkan non fisik diantaranya penyuluhan KB Kes, Penyuluhan Narkoba, Deradikalisasi, Wawasan Kebangsaan dan sebagainya.

Terkait hal tersebut di atas dari empat Satuan Teritorial (Kodim) salah satunya adalah Kodim 1404/Pinrang di Dusun Padangloang Desa Wattangkassa, Kecamatan Batulappa, Kabupaten Pinrang disini TMMD dengan sasaran membuka infrastruktur akses jalan yang selama ini kurang memadai dan perlu perhatian. Oleh karena itu Satgas TMMD bersama masyarakat setempat bahu membahu bergotong royong bekerja penuh semangat walaupun cuaca tidak menentu yang sering di hadapi di lapangan.

Bupati Pinrang H. Andi Irwan Hamid, S.Sos, menyampaikan rasa terima kasih dan mengapresiasi kinerja Satgas TMMD ke-112 di Kabupaten Pinrang tepatnya Dusun Padangloang, masyarakat dan pihak yang terkait bersama-sama TNI bahu membahu bekerja sama menuntaskan pekerjaan demi kemajuan Pinrang.

Dirinyapun mengaku, pemerintah daerah Kabupaten Pinrang sangat mendukung sepenuhnya progam TMMD, pasalnya program nasional ini sangat membantu pemerintah daerah, apa yang dikerjakan TNI (Satgas TMMD) dengan keikhlasan dan bekerja dengan hati bergotong royong bersama masyarakat menyelesaikan program yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat, adapun nanti hasil dari pembangunan tersebut bisa bermanfaat dan dirasakan bagi kemaslahatan masyarakat di wilayah pedesaan khususnya Dusun Padangloang.

“Ini tentunya akan menunjang nilai ekonomis bagi warga setempat dalam menjalankan roda ekonomi dengan adanya jalan sebagai sarana transportasi kebutuhan sehari-hari dalam beraktivitas,” tuturnya.

Dandim 1404/Pinrang Letkol Inf M. Wahyudi Amri, M.Sc, mengatakan progres sasaran TMMD ke-112 Kodim 1404/Pinrang sudah mencapai target sesuai apa yang ditentukan oleh Komando atas.

Bahwa untuk sasaran fisik yaitu pembangunan drainase sejauh 600 m, kemudian pembangunan proteksi sejauh 400 meter pembangunan rabat beton sejauh 600 M dengan kelebaran 4,25 m dan ketebalan 20 cm serta pembangunan geosintetik sejauh 1424 m.

“Ada beberapa sasaran fisik yang sudah disepakati dalam pekerjaan TMMD ini yaitu, pembangunan drainase sejauh 600 m, kemudian pembangunan proteksi sejauh 400 meter pembangunan rabat beton sejauh 600 M dengan kelebaran 4,25 m dan ketebalan 20 cm serta pembangunan geosintetik sejauh 1424 m. Inipun berhasil atas partisipasi warga dalam membantu Satgas TMMD dalam mengerjakan pembangunan ditiap titik sasaran, jerih payahnya bisa kita lihat bersama dengan hasil yang memuaskan dan bisa diartikan “Secercah Harapan dan Wujudkan Impian Masyarakat di sandarkan Melalui TMMD” di kota Pinrang khususnya Dusun Padangloang,” jelas Dandim.

Selain itu dikatakan Dandim ada yang menarik di dalam sasaran non fisik salah satunya adalah kebiasaan bermain gadget dari pada mengaji anak-anak bisa di rubah mansetnya oleh satu anggota Satgas TMMD Serda Ahyuddin dengan mengajarkan memberi bekal pada anak-anak Dusun Padangloang tentang ilmu agama dalam kehidupan sehari-hari ditanamkan landasan agama berakhlak mulia yaitu mengaji di salah satu masjid di Dusun Padangloang.

“Alhamdulillah anak-anak begitu antusias mengikuti pelajaran mengaji di masjid, selain pekerjaan fisik yang saya kerjakan,” ujar Ahyuddin.

Herman (53) warga Dusun Padangloang menyampaikan rasa syukur dan senang telah dibuka akses jalan di dusunnya, oleh Satgas TMMD sehingga jalan sudah bagus.

“Terima kasih bapak-bapak Tentara kami kagum karena bekerja dengan penuh semangat kamipun sebagai warga juga ikut semangat membantu pekerjaan di lapangan dan hasilnya sekarang ini sudah kami rasakan sebagai warga Dusun Padangloang,” ucapnya.

Sedangkan di tempat terpisah Kapendam Kolonel Inf Rio Purwantoro, S.H, menjelaskan Program TMMD tiga kali tiap tahunnya kali ini ke-112 adapun sasaran wilayahnya di Kabupaten Pinrang Kodim 1404/Pinrang Kabupaten Mamuju Kodim 1428/Mamasa, Kabupaten Maros Kodim 1422/Maros dan Kabupaten Kendari Kodim 1417/Kendari. Dan tahun ini mengangkat Tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”. Apalagi tahun ini masih dihadapkan dengan Pandemi Covid-19 sehingga di tiap kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat sehingga menghindari munculnya cluster baru .

Namun demikian hal ini tidak menjadikan penghalang bagi Satgas TMMD untuk bekerja serta berinteraksi dengan masyarakat secara maksimal dalam pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik di lapangan, hal ini sudah menjadi komitmen bahwa TNI (Satgas TMMD) bekerja berbuat secara maksimal agar tercapai sasaran yang berdayaguna dan berhasil guna.

“Adapun hasil dari pembangunan akan dapat dirasakan langsung bagi masyarakat ekonomi bawah sehingga roda perekonomian masyarakat setempat dapat berjalan dengan baik, kesemuanya diharapkan mampu memberikan kesan dan sekaligus meningkatkan citra positif TNI di mata rakyat maupun pemerintah daerah dan pada akhirnya bermuara meningkatkan Kemanunggalan TNI dan Rakyat,” tutup Kapendam. (Pendam)

For: Bugispos.com

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya