HTTP Status[404] Errno [0]

LSM LIRA : Rehab Gedung Sekolah di Wajo Masih Banyak ki Pekerjaan yang Tidak Maksimal

15 October 2021 11:47
LSM LIRA : Rehab Gedung Sekolah di Wajo Masih Banyak ki Pekerjaan yang Tidak Maksimal
Sekretaris LIRA Provinsi Sulawesi Selatan, Ahmad mengatakan bahwa penggunaan DAK seogiyanya berdasarkan juknis, bukan asal selesai pekerjaan

BugisPos – Pekerjaan rehab gedung sekolah mulai dari tingkat Kanak Kanak (TK) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Tingkat Pertama ( SMP) dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021, menuai sorotan dari Lembaga Swadaya Masyarakat LSM -Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) pasalnya banyak pekerjaan yang tidak maksimal.

Sekretaris LIRA Provinsi Sulawesi Selatan, Ahmad mengatakan bahwa penggunaan DAK seogiyanya berdasarkan juknis, bukan asal selesai pekerjaan

“Apalagi Dak Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, Nilainya sangat fantastic, artinya bila dana tersebut betul betul dimanfaatkan dengan pekerjaan yang berkualitas maka sekolah sekolah yang direhab sudah bisa dipastikan bangunannya akan bagus, kuat dan nyaman,” kata Ahmad, Jumat (15/10/2021).

Lanjut dia, seperti salah satu rehab di SMP Kecamatan Tanasitolo, kabupaten Wajo, hanya bagian bawa saja yang dikupas plasterannya, sementara yang bagian atasnya langsung di plamir.

Plasteran lama tidak akan pernah menyatuh dengan plasteran baru, dan keretakan pasti di mulai dari sambungan itu nantinya.

” Sehingga kami menduga pekerjaan ini asal asalan, apalagi kalau di lihat anggaran secara total untuk satu sekolah mencapai 1 Miliar lebih,” Jelas Ahmad.

Ahmad berharap kepada pihak penegak hukum untuk melakukan investigasi nantinya terkait kualitas pekerjaan, karena kuat dugaan bahwa ada beberapa pekerjaan yang tidak sinkron RAB nya.

Sementara kepala bidang SMP, Yahya sewaktu di konfirmasi mengatakan bahwa bukan hanya bagian dasar bagian atap plafon tegel dinding juga..semua sudah jelas dan terencana dengan baik dlm perencanaan. Dan di sesuaikan dengan kemampuan anggaran dan Bagian bawah yang parah lapuk karena lembab dan di sesuaikan anggaran untuk menyentuh bagian lain, bangunan yang parah supaya layak digunakan kembali.

“bagian dasar dibagian atap plafon tegel dinding juga. semua sudah jelas dan terencana dengan baik dalam perencanaan. Dan di sesuaikan dengan kemampuan anggaran dan Bagian bawah yang parah lapuk karena lembab dan di sesuaikan anggaran untuk menyentuh bagian lain, bangunan yang parah supaya layak digunakan kembali,” kata Yahya (acci/red)

419 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya