HTTP Status[404] Errno [0]

Wabup Edy Manaf Dukung ki Penerangan Tenaga Surya Sebagai Energi Alternatif

18 October 2021 17:26
Wabup Edy Manaf Dukung ki Penerangan Tenaga Surya Sebagai Energi Alternatif

BugisPos. – Wakil Bupati Bulukumba H. A. Edy Manaf membuka sosialisasi Program Desa Terang melalui Lampu Jalan Tenaga Surya (Solar Cell) yang digelar PT. Energi Cahaya Berkarya, Senin (18/10/2021) di Gedung Pertemuan PKK.

Sosialisasi tersebut juga dihadiri Sekretaris BPMPD Andi Uke Permatasari, Kapolres Bulukumba diwakili Kasubag Sarpas Bag Sumda Polres Bulukumba AKP Sahabuddin, Pimpinan serta Jajaran PT. Cahaya Energi Berkarya, serta para Kepala Desa se-Kabupaten Bulukumba.

Diketahui Energi matahari menjadi salah satu energi alternatif paling populer di dunia, karena manfaat luar biasa yang datang dengan memberikan energi matahari bersih.

Pemanfaatan solar cell atau lampu tenaga surya terasa penting sebagai energi alternatif dalam mengatasi perubahan iklim global.

Hal itu disampaikan Wabup saat memberikan arahan, bahwa kegiatan tersebut memiliki urgensi sebagai upaya lebih meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap penggunaan atau pemanfaatan tenaga surya sebagai sumber energi, khususnya untuk digunakan dalam penerangan lampu jalan.

Wabup Andi Aso demikian sapaan akrabnya menyebutkan, kebutuhan energi semakin lama semakin meningkat dan tambah diperburuk lagi cadangan sumber daya di bumi salah satunya minyak bumi semakin menipis.

Dia menilai penggunaan energi alternatif merupakan salah satu upaya mengatasi krisis tersebut.

” Tenaga surya memang tidak sebesar tenaga berbahan bakar minyak. Namun tenaga surya ini relatif murah, hemat energi dan mudah dipasang. Apalagi dengan adanya lampu LED saat ini, tentu penggunaan energi lebih efektif dan lebih efisien,” kata Wabup Andi Edy

Menurutnya, tenaga surya memiliki potensi besar sebagai pembangkit tenaga listrik sebab dinilai sangat ramah lingkungan, jumlah yang melimpah dan bahkan tidak terbatas, dapat diperoleh dengan mudah dan murah.

Serta memiliki banyak keunggulan lainnya karena merupakan energi yang terbarukan dan tidak pernah habis.

” Tenaga surya lebih bersih dan ramah lingkungan, sehingga menjadi investasi jangka Panjang yang menjanjikan, praktis, sangat minim perawatan, dan sangat cocok untuk daerah tropis seperti Indonesia,” ungkap Edy Manaf.

Selain itu, katanya, ada banyak manfaat yang didapatkan dari penggunaan lampu penerangan tenaga surya, diantaranya lebih ekonomis, sangat efisien, ramah lingkungan, dan hasil penerangannya dapat dikatakan optimal.

A.Edy minta kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya Camat, Kades, Lurah agar dapat berperan aktif memberikan kontribusi dalam mensukseskan Program Desa Terang melalui penggunaan lampu LED penerang jalan tenaga surya agar seluruh pelosok wilayah Bulukumba dapat menjadi lebih terang pada malam hari supaya memberikan kenyamanan bagi pengguna jalan dan mencegah terjadinya tindakan kriminal di jalanan pada malam hari.

“ Menggunakan tenaga surya sebagai sumber listrik alternatif, kita telah berkontribusi pada kelestarian lingkungan serta menjadi mandiri,” katanya.-( */ Suaedy )

356 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya