Macca, Sehari Dua Kegiatan Literasi di SD Inpres Banta-bantaeng I

19 October 2021 20:53
Macca, Sehari Dua Kegiatan Literasi di SD Inpres Banta-bantaeng I

BugisPos — Literasi tak hanya sebatas tentang baca tulis. Juga bisa terkait literasi investasi dan literasi lingkungan. Dua kegiatan ini sekaligus diadakan di SD Inpres Banta-bantaeng I, Selasa, 19 Oktober 2021. Kegiatan yang diadakan secara terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan ini, diikuti oleh guru-guru, tenaga kependidikan serta perwakilan orang tua setiap kelas.

Kegiatan literasi pertama, menghadirkan narasumber Gabriella Magdalena Saerang, marketing eksekutif PT Pegadaian (Persero), yang memberikan materi seputar produk Pegadaian, seperti Mulia, Tabungan Emas, Pembiayaan Kendaraan, Arrum Haji dan Agen Pegadaian.

Perempuan yang akrab disapa Gaby itu menjelaskan, tujuan dari literasi investasi itu diberikan agar masyarakat dapat mengetahui produk-produk yang dimiliki oleh Pegadaian. Sehingga pengetahuan mereka mengenai Pegadaian lebih bertambah.

Kepala UPT SPF SD Inpres Banta-bantaeng I, Hj Baena, S.Pd, M.Pd, mengatakan bahwa kegiatan seperti ini perlu dilakukan untuk menambah wawasan peserta yang hadir. Dia mengaku sangat terinspirasi dengan program Pegadaian, terutama guru muda merespons positif.

Hj Baena berharap, semoga kegiatan seperti ini berlanjut. Bila perlu menjalin kerjasama dengan Pegadaian, berupa dukungan terhadap aktivitas sekolah dalam bentuk corporate social responsibility (CSR).

Setelah kegiatan Pegadaian, dilanjutkan dengan Workshop Paradigma Baru “Sampah Sebagai Sumber Daya yang Memiliki Nilai Manfaat Menjadi Enzyme Multiguna Sebagai Hand Sanitizer di Masa Pandemi Covid-19 Serta Melindungi Bumi”.

Program pengabdian masyarakat ini dibawakan oleh Dr Hj Megawati, M.Pd, dosen Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, atas rekomendasi dari Dinas Pendidikan Kota Makassar. Program ini, kata Hj Baena, S.Pd, M.Pd, sejalan dengan Program Adiwiyata. SD Inpres Banta-bantaeng I, saat ini tengah menuju sekolah Adiwiyata Nasional.

Untuk pemanfaatan limbah rumah tangga, seperti kulit buah, sayur dikelola difermentasi menjadi enzym yang bermanfaat untuk hand sanitizer tanpa bahan pengawet.

Sebelumnya, Gaby dan tim Pegadaian juga memberikan materi di SD Negeri Borong, pada Rabu, 6 Oktober 2021. Kegiatan sosialisasi di sekolah yang terletak di Kecamatan Manggala ini, selain diikuti oleh Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd dan para guru, juga dihadiri oleh orang tua murid yang tergabung dalam Bunda Pustaka. (*)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya