Ingat ki langgo di Intim Hanya Desa Peleonro Bone Raih Proklim Lestari Nasional 2021

21 October 2021 21:31
Ingat ki langgo di Intim Hanya Desa Peleonro Bone Raih Proklim Lestari Nasional 2021
Hardi Buhaerah,S.sos, Kepala Desa Poleonro

Kepala Dusun Lita dan Kepala Dusun Wanuae desa Poleonro kabupaten Bone saat menerima tropi Proklim Lestari I Tingkat Nasional, Selasa (19/10/2021) di Kementerian Lingkungan Hidup, Jakarta/Foto.Ist

BugisPos – Desa Poleonro di kecamatan Lamuru kabupaten Bone merupakan satu-satunya desa di kawasan timur Indonesia meraih Tropi Proklim Program Lestari Tingkat Nasional tahun 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Tropi tersebut merupakan penghargaan tertinggi diberikan pemerintah kepada Kampung Iklim di Indonesia.
Tropi Proklim Lestari baru dapat diberikan setelah sebelumnya desa bersangkutan telah meraih Tropi Proklim Utama sebanyak 3 kali berturut.

Tercatat tahun 2017 dusun Wanuae di desa Poleonro mendapat tropi kategori Proklim Utama dari Kementerian Lingkungan Hidup. Tropi yang sama diberikan tahun 2018 kepada dusun Polewali locus desa Poleonro. Menyusul tropi serupa diberikan tahun 2019 untuk dusun Lita desa Poleonro.
Tahun 2020 dusun Wanuae kembali meraih tropi kategori Proklim Lestari. Menyusul dusun Lita desa Poleonro tahun 2021 meraih Tropi Proklim Lestari I tingkat Nasional.
“Kepala dusun Lita dan Kepala dusun Wanuae yang kami utus untuk menerima penghargaan Tropi Proklim Lestari tersebut langsung dari Menteri
Lingkungan Hidup dalam puncak acara Festival Iklim 2021 di Arboretum Gedung Manggala Wanabhakti KLH Jakarta,” jelas Kepala Desa Poleonro, Hardi Bahaerah, S.sos kepada BugisPos.com

Sebelumnya, katanya, tahun 2018 dirinya bersama kepala dusun Polewali mewakili menerima tropi Proklim Utama di Jakarta.
“Saya bersama banyak warga desa Poleonro menetes air mata terharu meskipun menyaksikan secara daring ketika kedua kepala dusun dari desa Poleonro melangkah tegap menerima penghargaan Tropi Proklim Lestari tahun 2021. Betapa usaha dan kerja keras tidak akan mengkhianati hasil,” katanya.

Penyerahan tropi Proklim dengan berbagai kategori untuk seluruh wilayah Indonesia tahun 2021, dilakukan secara faktual dan daring, Selasa (19/10/2021) oleh Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta.

Pemerintah Provinsi Sulsel termasuk penerima penghargaan kategori Apresiasi Pembina Proklim tingkat provinsi 2021 di Indonesia. Juga penghargaan kategori Apresiasi Pembina tingkat kabupaten kota 2021 diberikan kepada 6 kabupaten di Sulsel. Ada 6 dusun di Sulsel tahun 2021 mendapat tropi Proklim Utama. Plus 24 dusun di Sulsel tahun 2021 diberikan Sertifikat Proklim Utama.

Proklim merupakan bentuk pengakuan pemerintah atas adanya inisiatif, dedikasi dan komitmen masyarakat dalam mendukung penguatan kapasitas adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Bagi Pak De, panggilan akrab warga terhadap Kepala Desa Poleonro, Hardi Buhaerah, selain tahun ini mendapat penghargaan Penetapan desa Poleonro sebagai Desa Mandiri, tropi Proklim Lestari 2021 merupakan persembahan penghargaan terakhir dalam pengabdiannya setelah selama 17 tahun memimpin sebagai Kades Poleonro.

“Tugas saya sebagai Kepala Desa Poleonro sudah akan berakhir Desember 2021 nanti,” ungkapnya.
Alumni komunikasi jurusan jurnalistik Unhas tahun 1995 yang pernah meraih penghargaan sebagai Juara Lomba Karya Tulis PWI Sulsel menyatakan, ilmu-ilmu jurnalistik terutama menyangkut teori kelengkapan penulisan berita 5W1H, penjabaran serta penerapan rumus serupa juga banyak membantu dalam kelancaran perputaran roda pemerintahan, pelaksanaan pembangunan maupun urusan-urusan mkemasyarakatan di desa.

“Untuk memperoleh hasil yang mantap, berbagai jenis pekerjaan di lapangan juga butuh data yang akurat maupun perlunya cek dan ricek,” tandasnya. (aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya