Tauwwa, Warnai Hari Santri PCNU Makassar Ziarah ke Makam Ulama

21 October 2021 11:24
Tauwwa, Warnai Hari Santri PCNU Makassar Ziarah ke Makam Ulama

BugisPos – Rangkaian kegiatan mewarnai peringatan Hari Santri 2021 oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Makassar, benar- benar patut di apresiasi. Kali ini, Pengurus NU Makassar melakukan ziarah ke makam muassis NU dan sejumlah makam ulama di pekuburan Arab Bontoala Makassar Kamis (21/10).

Bersama sejumlah pengurus NU Makassar, Lembaga dan MWC NU Bontoala tampak hadir. Di antaranya Sekum PCNU Makassar Usman Sofian, Kiyai Saifullah Rusmin, H.Hasnawi Makkatutu, Ust.Nurdin, A.M.Thahir Rahman, Ust. Thaha dan ketua MWC NU Bontoala dan sejumlah pengurus dan kader NU lainnya.

Ziarah makam pertama ke makam KH.Muh.Ramli kemudian Ke makam KH.Abd.Shafa yang merupakan makam orang tua Anregurutta KH.Baharuddin, HS. Di makam inilah, ketua LTN NU Kota Makassar AM.Thahir Rahman langsung memperkenalkan bahwa makam ini adalah makam seorang ulama yang berhasil melahirkan 3 ulama besar di antaranya Anregurutta KH.Harisah, HS KH.Baharuddin,HS dan Prof DR.KH.Najamuddin HS yang kini menggantikan almarhum gurutta KH.Sanusi Baco,LC menjadi Rois Syuriah PWNU Sulsel.

Tak ketinggalan makam anregurutta KH.Kadir Chalid, makam KH. Cawidu hingga makam H.Kalla di ziarahi secara bergantian.

Pembacaan doa pun berlangsung khidmat di pimpin Kiyai Saifullah Rusmin.

Usai ziarah di lanjutkan kunjungan dan silaturahmi ke Pondok Pesantren MDIA Bontoala yang tidak jauh di lokasi makam.

Dari ziarah ke makam ini, Sekum PCNU Makassar memperoleh masukan jika program ziarah ke makam para muassis dan ulama serta tokoh NU perlu di galakkan oleh senua jenjang kepengurusan NU, mulai dari PCNU, Lembaga, Lajnah, Badan Otonom, MWC hingga ranting.

Ia juga berharap kalangan pesantren untuk menagendakan secara rutin santrinya untuk ziarah ke makam para ulama, termasuk nelakukan aksi bersih-bersih makam para ulama dan aksi peduli sosial lainnya seperti bagi paket sembako bagi warga kurang mampu yang tinggal di sekitar makam para ulama. “Semoga semua aksi ini membawa keberkahan dan para ulama dan guru-guru kita dapat tersenyum gembira setiap amal kebaikan yang kita lakukan,” ujarnya berharap.

Penulis : Thahir Rahman

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya