Dalam Kunker, Wabup Selayar Jadi Ceramah ki Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

21 October 2021 10:47
Dalam Kunker, Wabup Selayar Jadi Ceramah ki Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW
Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., mengisi ceramah hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang di Halaman Mesjid Nikmatullah Kecamatan Pasimasunggu, Selayar, Rabu (20/10/2021) malam.

BugisPos — Disela kunjungan kerjanya (Kunker), Wakil Bupati Kepulauan Selayar H. Saiful Arif, S.H., mengisi ceramah hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar oleh Pemerintah Kecamatan Pasimasunggu.

Maulid ini berlangsung di Halaman Mesjid Nikmatullah Kecamatan Pasimasunggu, Selayar, Rabu (20/10/2021) malam, dengan mengangkat tema Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW untuk Membentuk Generasi Qur’ani Menuju Masyarakat Madani.

Turut hadir Camat Pasimasunggu Nurawing, Kapolsek Pasimasunggu, para Kepala Desa di wilayah Pssimasunggu, puluhan masyarakat setempat.

“Generasi Qur’ani adalah generasi yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup mereka, meyakini kebenaran Al-qur’an, membaca, menghafal, dan memamahinya dengan benar dan baik, serta mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan mereka,” katanya Saiful Arif dalam ceramahnya.

Generasi itulah lanjutnya, yang menjadi idaman bagi umat Islam kapan dan di mana pun mereka hidup dan berada. Dikatakan dengan Al-qur’an ini juga Rasulullah berhasil mencetak sebuah umat yang kuat akidahnya, benar ibadahnya, dan bagus akhlaknya serta tinggi peradabannya.

Menurutnya, maju mundurnya umat Islam sangat tergantung dari pada jauh dekatnya umat dengan kitab sucinya, yaitu Al-qur’an. Jika umat Islam benar-benar menjadikan Qur’an sebagai pedoman hidupnya niscaya umat akan maju, cerdas, jaya, dan sejahtera. Karena Al-qur’an akan menuntun umat Islam untuk selamat dan sukses di dunia dan akhirat.

Bukan hanya itu saiful Arif juga mengulas sedikit tentang sejarah kelahiran Nabi Muhammad SAW yang tahun kelahiran itu dikenal dengan sebutan Tahun Gajah. Sebutan ini bukan tanpa alasan. Kala itu, raja vassal Ethiopia di Yaman, Abrahah, menyerang Mekkah dengan pasukan gajah yang ingin meratakan Ka’bah.

Ka’bah nyatanya tak pernah runtuh, dan pasukan Abrahah dihujani batu yang dilempar burung ababil, demikian dikisahkan dalam sumber-sumber resmi Islam. Peristiwa penyerangan Ka’bah ini juga diabadikan dalam Al-Qur’an surah Al-Fil.(Ucok)

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya