Tappa ko di Makassar Covid-19 Takut Laut dan Ada RT Hanya 4 KK

24 October 2021 01:19
Tappa ko di Makassar Covid-19 Takut Laut dan Ada RT Hanya 4 KK
Gambar Ilustrasi Kartu Keluarga (KK)

BugisPos – Belive or not. Percaya atau tidak, di kota Makassar penyebaran Covid-19 di wilayah tepi laut ternyata rendah.

Hal tersebut terungkap saat tim podcast ‘Maccarita Rong’ BP Channel, menyambangi kantor kelurahan Ujung Tanah, Jumat (22/10/2021) pagi dalam serial mengetahui kiprah camat-camat melaksanakan program vaksinasi Covid-19 dengan 100 -1-100 yaitu vaksinasi 100 RT setiap hari selesai 100 persen.

“Untuk melaksanakan program Sapu Jagad tersebut, pihak lurah-lurah di kecamatan Ujung Tanah sekarang sedang sibuk mengumpulkan data warga yang belum divaksin untuk dituntaskan dalam program Sapu Jagad 100-1-100 yang dicanangkan Pak Walikota agar 90 persen warga kota Makassar sudah divaksin hingga Nopember 2021,” jelas Camat Ujung Tanah, Ibrahim Chaidar Said, S.ip, Msi didampingi Sekcam Amanda Syahwaldi, STP, MM.

Kecamatan Ujung Tanah sama dengan kecamatan Sangkarrang, merupakan dua kecamatan yang terendah warganya terinfeksi Covid-19 dari 15 kecamatan yang ada di kota Makassar.
Kedua kecamatan tersebut bersentuhan langsung dengan laut.

Sebagian dari pemukiman warga di kecamatan Ujung Tanah berada di pesisir pantai. Sedangkan Sangkarrang merupakan kecamatan yang wilayahnya terdiri atas pulau-pulau yang ada di depan perairan Pelabuhan Makassar.

“Banyak orang bilang hawa air laut itu bikin tinggi imun tubuh. Jika mau melihat kepadatan penduduk, maka kecamatan Ujung Tanah termasuk juga kecamatan padat penduduk di kota Makassar. Namun alhamdulillah, kecamatan kami paling rendah angka warga terinfeksi Covid-19, hanya berada di atas kecamatan Sangkarrang yang paling rendah angka terinfeksinya selama ini,” papar Ibrahim Chaidar.

Kemudian berkelakar, “imun warga kami tinggi mungkin karena bermukim di pesisir pantai yang selalu menghirup hawa air laut,” katanya.

Meski begitu, Ibrahim Chaidar menyebut kesadaran warganya untuk tidak terinfeksi Covid-19 selama ini cukup tinggi dengan menjalankan protokoler kesehatan dalam beraktivitas setiap hari. Pun sudah sekitar 70 persen warga di kelurahan Ujung Tanah divaksin melalui kegiatan vaksinasi yang dilakukan berbagai kalangan.

“Sisa 30 persen warga yang akan divaksin melalui program 100-1-100. Insyaa Allah, Nopember minimal sudah bisa 90 persen warga kami divaksin,” tutur Ibrahim Khaidar.

Sama halnya di kecamatan Ujungpandang, kini sudah sekitar 70 persen warga telah divaksin melalui kegiatan vaksinasi Covid-19 dilakukan berbagai kalangan.

Menurut Camat Ujungpandang, Andi Pattaware, untuk melaksanakan program Sapu Jagad vaksinasi dari Walikota Makassar Danny Pomanto, 100-1-100, dia sudah berkoordinasi dengan lurah-lurahnya dan 137 RT yang ada di wilayahnya. Sudah disiapkan 80 titik lokasi vaksinasi yang mudah dijangkau warga
Hanya 80 titik karena ada beberapa RT yang kurang jumlah warganya digabung lokasi vaksinasinya.

“Ada RT kami di kecamatan Ujungpandang, luas wilayahnya, banyak bangunan kantor, sekolah, SPBU, dan miliki taman, tapi penghuni tetapnya 4 Kepala Keluarga. Hanya 4 KK,” jelas Andi Pattiware.

Camat Ujungpandang ini yakin dapat mencapai 90 persen warganya divaksinasi dalam bulan Nopember 2021.

Penjelasan dari kedua camat kecamatan berujung-ujung ini dapat disimak melalui podcast Maccarita Rong BP Channel. Link-linknya juga terkoneksi dengan laman-laman BugisPos.com (aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya