Dr. Basri : Sekolah Digital ? SLB Bisa Tongji

25 October 2021 14:48
Dr. Basri : Sekolah Digital ? SLB Bisa Tongji
Dr. Basri, S.Pd., M.Pd

BugisPos — Era digitalisasi menuntut semua elemen untuk beralih ke dunia digital khususnya di bidang Informatika dan Teknologi (IT) tak terkecuali di sekolah-sekolah.

Untuk itu, Sekolah Luar Biasa (SLB) se Sulsel pada acara Verifikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Biaya Operasional Sekolah (BOS) 2021 di SLBN 1 Makassar, Senin (25/10/2021) menekankan agar SLB dapat menerapkan Sekolah Digital berbasis IT.

Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan/Layanan Khusus Bahasa dan Sastra Daerah Disdik Sulsel Dr. Basri, S.Pd., M.Pd kepada BugisPos mengatakan bahwa 85 SLB di Sulsel, baik itu negeri maupun swasta akan menerapkan digitalisasi SLB.

“Karena melalui Sekolah Digital ini, setiap SLB di Sulsel saya harapkan agar dapat menerapkan ini. Dengan berbasis IT tentu kita dapat mengakses Data Pokok Pendidikan di setiap SLB secara online. Bukan itu saja, akan tetapi setiap sekolah yang memiliki kekhususan tentu dapat jadi pilihan orang tua siswa sesuai dengan kekhususan yang dimiliki anaknya, contohnya : apabila ada yang ingin memiliki ketrampilan menjahit, tentu dapat mengakses di internet mencari SLB yang memiliki kekhususan tersebut, seperti contohnya lagi di SLBN 2 Makassar untuk tenaga montir (bengkel) tentu dapat dipilih oleh orang tua, begitu juga yang mau belajar tata boga, tata busana maupun merias tentu dapat memilih SLB-SLB yang memiliki kekhususan tersebut,” jelas Dr. Basri rinci.

“Selain itu, program-program sekolah melalui IT tentu dapat diakses oleh calon siswa ataupun calon orang tua siswa. Mereka dapat memilih sekolah-sekolah dengan program-program kekhususan masing-masing anak,” lanjutnya.

“Jadi saya harapkan agar 85 SLBN/Swasta se Sulsel agar kiranya dapat membuat program yang tepat sasaran, efisien dan tepat sasaran sesuai dengan kekhususan masing-masing SLB dan tentu wajib sesuai kebutuhan siswa di SLB masing-masing,” tambahnya.

“Untuk Sekolah Digital bukan hanya dapat diterapkan pada SMA dan SMK saja akan tetapi di SLB bisa tongji,” tutup Kabid yang terkenal sombere ini. (Awing)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya