GP Ansor Tompobulu Gelar ki Silaturahim Dengan Kepala KUA Tompobulu Maros

23 November 2021 18:08
GP Ansor Tompobulu Gelar ki Silaturahim Dengan Kepala KUA Tompobulu Maros
Menjalin silaturahmi dengan Pak KUA yang baru yakni Ustadz Muhammad Danial.

BugisPos — Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Tompobulu menggelar silaturahim dengan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tompobulu, Maros, Selasa (23/11/2021).

Ketua Karateker Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Tompobulu, Faturrahman mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan Pak KUA yang baru yakni Ustadz Muhammad Danial.

“Sejak beliau dilantik awal bulan ini, kami baru berkesempatan bertemu dan berdiskusi terkait program-program yang bisa kita kolaborasikan kedepan,” lanjutnya Fatur.

“Dalam diskusi yang penuh persahabatan ini, kami membangun kesepahaman terkait agenda-agenda kedepan yang bisa kita kerjasamakan antara PAC GP Ansor Tompobulu dengan KUA Kecamatan Tompobulu,” harapnya.

“Kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan penting untuk dilakukan, karena melihat posisi wilayah Kecamatan Tompobulu yang beberapa tahun belakangan ini menjadi target pembangunan infrastruktur dalam rangka persiapan jalur alternatif menuju Kota Makassar ataupun Kabupaten Gowa” katanya.

“Berdasarkan hasil kajian kami selama ini, wilayah Kecamatan Tompobulu memiliki potensi yang cukup besar untuk disusupi paham kelompok yang memiliki faham radikalisme, karena posisinya yang dekat dengan kota Makassar,” jelasnya.

‘Karena itu, program moderasi beragama menjadi relevan untuk di konkret kan dalam bentuk kegiatan yang nyata, massif dan berkelanjutan,” tandasnya.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Tompobulu, Muhammad Danial mengapresiasi langkah dari GP Ansor Kecamatan Tompobulu karena sense of crisis terhadap bahaya faham radikalisme, upaya membentengi masyarakat agar tidak mudah terpapar oleh paham radikalisme, harus diwujudkan dalam bentuk aksi nyata, dan institusi kami akan menggandeng GP Ansor Tompobulu bersama Ormas/OKP yang lain untuk kolaborasi.

“Saat ini, kami menggalakkan begaimana konsep moderasi beragama bisa diinternalisasi oleh semua lapisan masyarakat, karena itu kerjasama banyak pihak sangat dibutuhkan,” tambahnya.

“Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di kecamatan Tompobulu ini masih kental akan tradisi adat istiadatnya, maka dari itu kita tidak bisa langsung menyalahkan apa yang jadi kebiasaan masyarakat setempat,” katanya Danial.

“Saya kira disinilah posisi strategis GP Ansor, kami berharap kader yang ada bisa mengambil peran-peran strategis dalam upaya memberi pencerahan kepada masyarakat,” jelasnya.

“Program selanjutnya yang bisa kita kolaborasi kan adalah kegiatan yang dapat memperkuat ketahanan keluarga, salah satu aspek yg memperkuat ketahanan keluarga adalah ekonomi keluarga yg kuat,” harapnya.

“Jadi GP Ansor bisa membuat kegiatan pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga, sesuai potensi dan peluang usaha yang ada pada kecamatan tersebut,” tutupnya.

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya