Bupati Enrekang, Resmi mi Buka Deklarasi Pilkades Serentak dan Pakta Integrasi

24 November 2021 21:44
Bupati Enrekang, Resmi mi Buka Deklarasi Pilkades Serentak dan Pakta Integrasi

BugisPos – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, melaksanakan penandatanganan dan Deklarasi Pilkades Serentak dan Pakta Integritas, calon Kepala Desa di 29 Desa se-Kabupaten Enrekang, yang dilaksanakan di Alun-Alun Lapangan Abu Bakar Lambogo, Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, selasa 24 November 2021.

Dengan tema menciptakan Pilkades yang demokratis, aman, dan damai menuju Enrekang Maju, Aman, Sejahtera, dan Religius.

Acara tersebut di buka secara resmi oleh Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando, turut hadir Sekda Enrekang, Ketua dan anggota DPRD Enrekang, Dandim 1419 Enrekang, Kapolres Enrekang, Kejaksaan Enrekang, Ketua KPU Enrekang, Ketua Bawaslu Enrekang, OPD terkait, forkopimcam, Camat terkait, Pendamping Desa se-kabupaten Enrekang, dan seluruh calon Kepala Desa.

Dalam Laporannya, Kepala DPMD Enrekang, Hj Zubedah Bando, menyampaikan sesuai Peraturan Mendagri, Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati tentang pilkades di masa pandemi covid-19. Dimana penetapan DPT telah dilaksanakan dengan jumlah DPT secara keseluruhan sebanyak 26.432 pemilih. Sedangkan proses penetapan calon kades mulai 18 s/d 21 November 2021.

Sehingga jumlah bakal calon Kepala Desa yang telah ditetapkan sebanyak 86 orang, 79 laki-laki dan 7 orang perempuan. Adapun jumlah TPS tersedia dari 29 Desa sebanyak 108 TPS.

Sedangkan biaya pelaksanaan pada Pilkades berasal dari APBD Kabupaten melalui bantuan keuangan Pilkades sebesar Rp 549.325.000,- bagi 29 Desa yang akan melaksanakan Pilkades, yang ditransfer ke rekening Desa masing-masing, “jelas Kadis DPMD.

Dimana jadwal pemungutan dan perhitungan suara akan dilaksanakan tanggal 02 Desember 2021 secara serentak di masing-masing TPS. Dan rencana pelantikan Kepala Desa terpilih tanggal 23/12/2021, “ujar Hj. Zubedah Bando.

Bupati Enrekang, H. Muslimin Bando, dalam sambutannya, dari 86 bakal calon Kepala Desa mereka adalah orang-orang yang hebat, tentu mereka juga siap bekerjasama dengan pemerintah. Namun pada perhelatan pilkades tentu ada yang menang dan kalah, itu tergantung pada rezeki karena rezeki itu tidak bisa tertukar, “menurut MB.

Bahkan MB, menegaskan tidak ada dukung mendukung kepada calon siapapun, “ujarnya.

Bupati juga sampaikan, kesiapan Pemkab Enrekang bersama Forkopimda, siap mendukung dan menyukseskan perhelatan pilkades secara serentak yang digelar pada Kamis tanggal 02 Desember 2021 mendatang, dengan berjalan aman dan damai.

Bupati juga mengajak mari kita ciptakan pilkades ini dengan penuh rasa hikmah dan damai jadikanlah pilkades ini, pilkades yang terbaik di seluruh Indonesia, “pinta MB.

Dan siapapun yang terpilih kepala Desa nantinya, tentun sejalan dengan pemerintah daerah untuk menyelesaikan periode MB-Asman

MB-Asman, juga mengucapkan terimakasih banyak kepada incumben atas jasa-jasanya selama bersama dirinya. (syafar)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya