Pamopporang, Inilah Jalanan Ditutup dan Menyempit Sementara Akibat Proyek IPAL di Makassar

25 November 2021 23:40
Pamopporang, Inilah Jalanan Ditutup dan Menyempit Sementara Akibat Proyek IPAL di Makassar
Jl Rajawali II salah satu dari sejumlah jalanan yang kini ditutup sementara akibat adanya pekerjaan Proyek IPAL di Selatan kota Makassar/Foto: Mahaji Noesa

BugisPos – Tabe, Pamopporang (maaf) sedang berlangsung pekerjaan penggalian dan pemasangan pipa air limbah. Dialihkan sementara (Pengalihan & Penutupan Jalan). Maaf perjalanan anda terganggu tolong ambil jalanan alternatif. Jam kerja 08.00 – 22.00.

Bekas galian proyek IPAL di JL Nusa Indah kota Makassar yang hingga 25/11/2021 belum dikatakan kembali/Foto: Mahaji Noesa

Demikian isi pemberitahuan dalam dua papan bicara yang sudah beberapa hari terakhir dipampang di pertemuan Jl Rajawali I dan Jl Rajawali II kota Makassar.
Arus lalu-lintas satu arah dari arah utara masuk Jl Rajawali II menuju Jl Gagak kini ditutup sementara.

Di bentangan Jl Rajawali II kini sebagian permukaannya sedang digali untuk penanaman pipa Instalasi Penyaluran Air Limbah (IPAL). Arus kendaraan dialihkan dari arah Jl Rajawali I melawan arah sepanjang sekitar 300 meter ke arah Jl Gagak dan Jl Nuri.

Proyek IPAL yang dilaksanakan sejak tahun 2020, membuat puluhan kilometer permukaan jalanan dalam kecamatan Ujungpandang, Mariso Mamajang, dan Tamalate diiris-iris dan digali untuk keperluan penanaman jaringan pipa IPAL yang panjangnya sekitar 80 km.
Jl Stadion dari arah Jl Cenderawasih juga kini masih ditutup akibat adanya pekerjaan IPAL.

Sementara arus kendaraan dari arah Jl Mappanyukki dialihkan ke jalanan darurat yang baru dibuat menembus areal lokasi bekas bongkaran Stadion Mattoanging sekitar 200-an meter ke arah Jl Cederawasih.
Jl Hati Mulia sejak beberapa bulan lalu juga ditutup dari arah Jl Nuri maupun dari arah Jl KS Tubun akibat adanya pekerjaan penggalian muka jalanan untuk instalasi IPAL.

Proyek IPAL yang dikerjakan di kota Makassar saat ini, disebut-sebut juga merupakan salah satu Proyek Strategis.

Nantinya Makassar akan menjadi Kota Pertama di Indonesia menerapkan sistem pembuangan air limbah secara terpusat. Termasuk pembuangan tinja dari rumah-rumah warga.

Dari observasi dilakukan BugisPos.com di lapangan, hingga akhir Nopember 2021 masih terjadi penyempitan sejumlah muka jalanan di selatan kota Makassar akibat adanya pekerjaan Proyek IPAL.

Seperti terlihat, terjadi penyempitan di sejumlah titik Jl Cenderawasih, Jl Sultan Hasanuddin, Jl Kajaolalido, Jl Botolempangan dan persimpangan Jl Kenanga dengan Jl Dahlia.

Terdapat sejumlah bekas galian di beberapa ruas jalanan, seperti di Jl Hati Murni, Jl Nusa Indah, dan Jl Cenderawasih belum ditutup rata, sehingga menuntut kehati-hatian pengendara pengguna jalan terutama malam hari. (Aji)

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya