Raider Yonif Para Raider 433/3 Kostrad Gelar ki Simulasi Pelepasan Sandera

02 December 2021 22:30
Raider Yonif Para Raider 433/3 Kostrad Gelar ki Simulasi Pelepasan Sandera

BugisPos — Brigif Para Raider 3/Tri Budi Sakti melakukan Latihan Pemantapan Raider Yonif Para Raider 433/Julu Siri/3 Kostrad menggelar simulasi Operasi Pembebasan Tawanan (sandera), Kamis (2/12/2021).

Latihan yang bertempat di Kantor Pemkab Polman Sulbar ini ditujukan untuk meningkatkan kualifikasi Satuan Yonif Raider Brigif Para Raider 3/TBS dalam menjalankan tugasnya.

Panglima Divisi Infanteri 3 Kostrad Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P. turut hadir dalam kegiatan latihan Pembebasan Sandera (Baswan) dan menuturkan skenario simulasi adalah adanya sekelompok teroris bersenjata api dan senjata tajam merangsek masuk ke kantor pemkab lalu menyendera Bupati H. Andi Ibrahim Masdar Bupati Polman setelah melumpuhkan Satuan Pengamanan security yang sedang bertugas.

Bupati pun Ditawan oleh teroris namun dengan bergerak secepat kilat sesuai semboyan Yonif Para Raider 433/Julu Siri pun terlibat Kontak Tembak dengan kelompok teroris yang bersenjata lengkap. Dalam waktu singkat kelompok teroris berhasil dilumpuhkan dan Bupati Polman berhasil diselamatkan dan di evakuasi ketempat aman.

Latihan dilakukan oleh 1 Tim Baswan pimpinan Lettu Inf Yoan S Pulo, S.Tr.Han Sebagai tertua dalam team pembebasan Sandra berikut 22 orang anggota menggunakan 2 unit mobil Rantis dan 2 unit sepeda motor. Kegiatan tersebut termasuk rangkaian Latihan Pemantapan yang dilaksanakan selama 6 hari di Kabupaten Polman dan sudah memasuki hari ke-4 latihan.

“Latihan ini bertujuan memelihara dan meningkatkan kemampuan Satuan Yonif Raider dalam melaksanakan tugas operasi yang bersifat khusus seperti Serbuan Ruangan, Mobud, Infiltrasi dan Eksfiltrasi, Patroli (TPRAG), Raid pembebasan Tawanan, Ralasuntai dan Raid Penghancuran,” katanya Pandivif 3 Kostrad.

Sementara itu, bupati sangat terkesan dapat dilibatkan dalam latihan sekaligus rasa bangga karena dapat melihat langsung simulasi latihan dan menjadi tempat pelatihan pertama di kantor Bupati yang mana merupakan salah satu objek vital dimana banyak para pejabat yang beraktivitas di dalamnya.

Bupati berharap rangkaian kegiatan Latihan Pemantapan tersebut bisa merekatkan hubungan antara Pemkab Polman dan Satuan jajaran Divisi 3 Kostrad. (*)

Editor : Syahrul

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya