HTTP Status[404] Errno [0]

Antisipasi Bencana Banjir Tauwwa, Bupati Jeneponto Gelar Ratas Bersama OPD

06 December 2021 19:16
Antisipasi Bencana Banjir Tauwwa, Bupati Jeneponto Gelar Ratas Bersama OPD

BugisPos – Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar menginstruksikan Dinas dan Badan terkait untuk melakukan langkah antisipasi bencana banjir senin (06/12/2021)

“Kita Tidak hanya menyiapkan rencana evakuasi dan penyelamatan korban saja, tetapi mempersiapkan rencana jangka panjang agar bencana banjir yang sewaktu-waktu dapat terjadi tidak berdampak signifikan bagi kehidupan masyarakat,”ujar Iksan Iskandar disaat membuka rapat.

Diketahui Bupati Jeneponto H. Iksan Iskandar didampingi sekretaris daerah (Sekda) H. M. Syafruddin Nurdin beserta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait dan camat mengadakan rapat terbatas/coffee morning terkait antisipasi bencana banjir yang bisa saja terjadi saat memasuki musim penghujan.

Seperti yang diketahui dalam kurung waktu 4 tahun terakhir, kabupaten Jeneponto mengalami bencana banjir terutama pada beberapa wilayah seperti Bangkala, Binamu dan Tarowang

Dalam rapat terbatas/coffee morning tersebut kepala badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Ishak Iskandar mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya akan merampungkan master plan mengenai pencegahan dan penanganan bencana banjir dengan melibatkan beberapa OPD, pemerintah kecamatan, desa/kelurahan serta stakeholder.

“Secepatnya kami rampungkan konsep dengan melibatkan stakeholder seperti TNI, Polri, Tagana, dan PMI,”ujarnya.

Setali dengan hal tersebut bupati H. Iksan Iskandar menambahkan setiap wilayah kecamatan, desa/kelurahan untuk menyiapkan rencana darurat (contingency plan) dalam menghadapi bencana banjir

“Selain master plan yang ada kita bisa menambahkan rencana darurat (contingency plan) agar jumlah korban dan kerusakan yang sewaktu-waktu terjadi dapat diminimalisir,” tambahnya.

Selain itu bupati H. Iksan Iskandar juga meminta para camat, kepala desa/kelurahan untuk senantiasa mengingatkan masyarakat agar tidak berada di daerah yang rawan resiko bencana, Apalagi daerah yang pernah mengalami bencana banjir

“Himbau masyarakat di sepanjang Daerah Aliran Sungai yang berisiko dampak banjir, ini harus dilakukan langkah-langkah pencegahan dan evakuasi. Saya harap kepala wilayah sampai kepala desa atau lurah mampu ingatkan masyarakat agar tidak berada di tempat berisiko, karena Bisa saja hujan tidak terjadi di tempat mereka, namun di hulu. Tapi dalam waktu tak lama air bisa mengalir deras ke lokasi yang menjadi tempat hunian masyarakat terutama di daerah rendah,” pungkasnya.

245 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya