HTTP Status[404] Errno [0]

Kapolres Kep. Selayar Adakan ki Rakor Lintas Sektoral

11 December 2021 22:09
Kapolres Kep. Selayar Adakan ki Rakor Lintas Sektoral

BugisPos — Polres Kepulauan Selayar merupakan salah satu satker yang memiliki fungsi satuan Polisi Air (Sat polair) yang berwenang menjadi garda terdepan untuk melakukan langkah preemtif, preventif dan represif dan gakkum dalam menanggulangi/menangani tindak pidana perikanan yaitu illegal fishing yang terjadi di wilayah hukum Res Kep.Selayar.

Oleh karena itu,diperlukan optimalisasi peran Sat polair, mengingat selama ini penyidik polair menghadapi permasalahan permasalahan seperti sarana prasarana dan anggaran serta lemahnya sinergitas lintas sektoral untuk menangani tindak pidan ilegal fishing.

Mendasari uraian semua di atas, maka sangat cocok dan bijak dengan keputusan yang cepat juga akhirnya Bapak Kapolres Kep.Selayar AKBP UJANG DARMAWAN HADI SAPUTRA, SH,S.IK,MM,M.IK mengundang sekaligus mengadakan Rapat kordinasi lintas sektoral di Kabupaten Kepulauan Selayar,yang dilaksanakan di Ruangan Catur Prasetya Res Kep.Selayar.

Tepatnya pada hari Jum’at tanggal 10 Desember 2021 Polres Kep.Selayar yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kep.Selayar didampingi kasat Reskrim dan Kasat Polair melaksanakan Rapat kordinasi lintas Sektoral yang membahas masalah tindak pidana Ilegal Fishing

Adapun undangan yang hadir pada pelaksanaan Rapat kordinasi lintas sektoral tersebut yakni :

1.Kapolres Kep.Selayar

2.Kasat Reskrim Res Kep.Selayar

3.Kasat Polairud Red Kep.Selayar

4.Komandan Pos TNI AL Kep.Selayar

5.Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Kep.Selayar

6.Kepala kantor PSDKP Kep.Selayar

7.Kepala Dinas perikanan Dan Kelautan Kabupaten Kep.Selayar

8.Kepala Dinas Pemdes Kabupaten Kep.Selayar

Hasil koordinasi lintas sektoral disepakati antara lain :

1. Dilakukan edukasi,pencegahan dan penindakan.

2. Pemetaan wilayah

3. Menjadi tanggung jawab bersama.

4. Meniadakan ego sektoral.

5. Bekerja sama dan berkoordinasi agar tujuan tercapai secara maksimal.

Secara geografis wilayah kabupaten Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten kepulauan yang sangat luas lautnya di banding daratannya di propinsi Sulsel,sehingga bagi petugas yang ada di Kep.Selayar menjadi tantangan tugas yang berat dengan resiko tugas yang luar biasa dalam menghadapi pelaku tindak pidana Illegal Fishing.

Bagaimana sinergitas kita melalui komunikasi, koordinasi serta kolaborasi dengan instansi lintas sektoral lainnya dalammengoptimalkan peran untuk mendukung penanganan tindak pidana illegal fishing.

Tindak pidana Ilegal Fishing tanggung jawab kita bersama untuk mencegah dan memberantasnya,jajaran Res Kep.Selayar adalah Sat Polair,Sat Reskrim,para Kapolsek dan para Bhabinkamtibmas menjadi garda terdepan sejak dulu sampai sekarang. Alhamdulillah tanpa kenal lelah terus bekerja keras mulai menghimbau,sosialisasi, mencegah,memberantas sampai penegakkan hukum sudah berjalan dan dilaksanakan.

Kita jangan selalu melihat dari satu sudut pandang bahwa ini tanggung jawab tugas Polri saja tapi ini merupakan tanggung jawab kita bersama /lintas sektoral.( rlis/ Ucok Haidir )

424 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya