HTTP Status[404] Errno [0]

Mau mi Tahun 2022 Masjid 99 Kubah Belum pi Berfungsi

13 December 2021 22:30
Mau mi Tahun 2022 Masjid 99 Kubah Belum pi Berfungsi
Masjid 99 Kubah di kawasan CPI kota Makassar masih tertutup. Halaman sekeliling kumuh belum tertata/Foto: Mahaji Noesa

BugisPos – Masjid 99 Kubah di kawasan Centre Point of Indonesia (CPI) kota Makassar hingga kini belum juga berfungsi.

Observasi lapangan BugisPos.com hingga Senin (13/12/2021) sekeliling masjid masih tertutup, bahkan sebagian ditutupi dinding seng.

Sebuah pintu di bagian selatan mesjid terbuka untuk masuk keluar basement tempat parkir kendaraan yang dibuat berlantai paving blok.

“Ketika masih dikerja di tempat parkir ini selalu ramai, karena pemborongnya berkantor di sini. Mereka semua sudah pergi karena pekerjaan katanya sudah selesai,” jelas seorang remaja yang keluar dari pintu basement Masjid 99 Kubah tersebut.

Dia tampak membopong sebuah kotak kardus yang entah berisi apa. Setelah menggebok pintu dinding seng, dia bergerak ke arah lapak-lapak PKL di arah timur Masjid 99 Kubah yang tampak ramai pengujung Senin sore.

Di dinding seng arah timur, tangga naik depan mesjid tampak terpampang sejumlah poster dengan tulisan, antara lain mengingatkan, bahwa tidak ada satupun undang-undang yang melarang setiap warga negara untuk mencari nafkah termasuk berdagang dan usaha lainnya.

Sebuah poster bertuliskan Save Warga Rajawali, Kewajiban Negara adalah memenuhi hak warga.

Beberapa waktu sebelumnya BugisPos.com menjumpai di dinding seng yang sama, terpampang spanduk dipasang Pemerintah Provinsi Sulsel. Spanduk bertuliskan: Dilarang berjualan dan usaha lainnya pada Kawasan CPI tanpa izin.

Halaman sekeliling Masjid 99 Kubah masih tampak kumuh belum ditata. Masih becek bergelombang dan ditumbuhi belukar pantai.

Tahun 2021 Pemprov Sulsel melalui APBD menggelontorkan dana Rp22,2 miliar untuk menyelesaikan pembangunan Masjid 99 Kubah yang terbengkalai selama 3 tahun.
Kontraktor PT Rajasa Tomax Globalindo sebagai pemenang tender, dengan waktu kerja Maret 2021 hingga September 2021.

Melihat kondisi sekeliling halaman masjid yang masih kumuh, banyak pengunjung kawasan CPI mengomentari mengesankan jika pembangunan Masjid 99 Kubah belum selesai.

Selain halaman masjid yang belum tertata, lampu penerangan sekeliling mesjid pun terlihat belum ada, sehingga tampak gulita di malam hari.

“Harapan pejabat Gubernur Sulsel Masjid 99 Kubah dapat dimanfaatkan mulai Oktober 2021 tidak bisa dipenuhi kalau melihat kondisi lingkungan masjid seperti ini,” komentar Amri, seorang warga kota Parepare yang datang bersantai di Foodcurt Legolego yang berhimpitan dengan lokasi Masjid 99 Kubah, Senin (13/12/2021) sore.

Hingga Senin (13/12/2021) sekeliling Masjid 99 Kubah masih ditutup dinding seng. Sepi tanpa ada kegiatan. (aji)

685 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya