HTTP Status[404] Errno [0]

Cegah Kebocoran PAD, Terminal Bulukumba Gunakan ki Tauwwa k E- Porta

31 December 2021 15:50
Cegah Kebocoran PAD, Terminal Bulukumba Gunakan ki Tauwwa  k E- Porta

BugisPos.- Mulai Senin, 3 Januari 2021 mendatang, Pemkab Bulukumba melalui Dinas Perhubungan akan mulai menerapkan penggunaan Eletronik Portal (E-Portal) di pintu masuk terminal Bulukumba.

Itu dilakukan untuk menggali potensi dan mencegah terjadinya kebocoran pada salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bulukumba itu.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Terminal Bulukumba, Hasyim G, mengatakan, pemasangan E-Portal nantinya akan praktis dan sulit untik dimainkan.
Karena setiap kendaraan yang masuk akan terekam video yang terpasang pada E-Portal.

Selama ini, kata pria yang baru saja dilantik sebagai kepala UPT terminal Bulukumba 22 Desember 2021 lalu, masih menggunakan manual.

” Pakai kaki portalnya diangkat, kayak injak gas mobil. Kalau E-Portal nanti secara otomatis naik setelah plat polisi tercatat, jadi tidak bisa dimain, semua kendaraan yang masuk tercatat,” katanya.

Senin, 3 Januari 2022 mendatang, pelaksanaan uji petik akan dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba, dibantu oleh Kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) selama sebulan, untuk melihat potensi E-Portal.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Bulukumba, Idham Khalid Paturu mengatakan selama ini PAD, khusunya pada sektor pendapatan masuk terminal sangat sulit capai target.

Pada tahun 2021 contohnya, target Rp 921 juta hanya bisa teralisasi 44 persen, atau diangka Rp 409 juta saja.

” Realisasi 44 persen itu per November, hari ini kita masih tunggu berapa realisasi seluruhnya,” kata Idham.

Untuk pengadaan 2 E-Portal, Idham menyebutkan, besaran
anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp 187.750.000.

” Kita berharap dengan adanya portal ini, pencapain PAD akan meningkat dan kesadaran masyarakat untuk patuh dalam membayar masuk di terminal,” kunci Idham.-(*/ Suaedy )

570 Views

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya