Tabe, Poli RSUD Tutup ki Selama Libur Lebaran, IGD Tetap Melayani 24 Jam

28 April 2022 12:10
Tabe, Poli RSUD Tutup ki Selama Libur Lebaran, IGD Tetap Melayani 24 Jam

BugisPos,- Menghadapi libur nasional dan cuti bersama lebaran Idul Fitri tahun 2022, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H. A. Sulthan Daeng Radja mengeluarkan pengumuman terkait pelayanan RSUD selama liburan.

Pengumuman tertanggal 27 April 2022 yang ditandangani oleh Direktur RSUD memuat 5 point penting yaitu :

Pertama, Pelayanan Poliklinik di RSUD H. A. Sulthan Daeng Radja Bulukumba TUTUP mulai tanggal 29 April sampai dengan 7 Mei 2022.

Kedua, Pelayanan Poliklinik di RSUD H. A. Sulthan Daeng Radja kembali BUKA tanggal 9 Mei 2022

Ketiga, Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) Tetap Buka 24 Jam pada keadaan emergency atau kegawatdaruratan medis.

Keempat, Untuk obat penyakit kronis dapat diambil di depo obat IGD sesuai resep dengan membawa kartu identitas JKN / KIS, resep atau copy resep obat.

Kelima, Untuk peserta JKN-KIS yang bukan dalam keadaan kegawatdaruratan medis, agar tetap melalui prosedur pada masing- masing Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) baik di Puskesmas maupun Klinik di tempat peserta terdaftar.

Sebelumnya, pada rapat koordinasi jajaran rumah sakit, Plt. Direktur RSUD, dr. Rizal Ridwan Daffi menyampaikan, meski libur dan tidak bertugas di rumah sakit, namun para kepala ruangan tetap bertanggungjawab penuh terhadap ruangannya, sehingga diharapkan para kepala ruangan tetap aktif memantau situasi di rumah sakit selama masa liburan.

“Tidak mesti masuk, tapi handphone harus aktif 24 jam untuk memudahkan koordinasi,” kata dr. Rizal saat pertemuan di aula RSUD, Rabu 27 April 2022.

Dr. Rizal menambahkan, pihaknya sudah meminta setiap unit untuk mengatur jadwal ship bertugas selama masa libur, sehingga jelas siapa penanggungjawabnya.

Sementara itu, hal sama disampaikan oleh Kabid Pelayanan Dinas Kesehatan, dr. Amrullah terkait pelayanan di Puskesmas.

Menurutnya selama masa libur dan cuti bersama lebaran Idul Fitri tahun 2022, unit poli di seluruh Puskesmas juga tutup sementara, namun pelayanan kesehatan Rawat Jalan difokuskan pada pelayanan UGD Puskesmas.

“Jadi tidak ada istilah kita tolak pasien, tetap ada pelayanan di UGD,” singkatnya.

Selain layanan di Puskesmas, pihaknya tambah dr. Amrullah juga memberikan layanan kegawatdaruratan 24 jam melalui unit layanan Public Safety Center (PSC) Bulukumba. Masyarakat yang membutuhkan layanan ini tinggal menghubungi nomor telepon 085256904319 dan nomor WhatsApp 085242340579.-(*)

Editor Suaedy

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya