Halal Bihalal KSP Berkat, Spirit Silaturahim Damaikan ki Hati dan Perasaan dengan Saling Memaafkan

09 May 2022 14:36
Halal Bihalal KSP Berkat, Spirit Silaturahim Damaikan ki Hati dan Perasaan dengan Saling Memaafkan

BugisPos, Bulukumba.- Keluarga besar KSP Berkat menggelar Halal Bihalal, dan kali ini Halal Bihalal dikemas ” Spirit Silaturahim, Damaikan Hati, dan perasaan dengan saling memaafkan “, Senin (9/5) siang tadi bertepatan hari pertama masuk kerja pasca libur panjang hari raya Idul Fitri 1443 H.

Halal Bihalal ini dihadiri Ketua KSP Berkat Dr.Ir.H.A.Makkasau, MM, bersama isteri A.Nini Madjid Latippa, Wakil Ketua Ir.Alwi Kasang, Sekertaris Muh.Ramli,SE, Wakil Sekertaris Suharniwati,SE Bendahara, H.Muh.Basri, para Pengawas H.Sofyan, H.Alirman, Taswin.AR dan Ketua Cabang dan Cabang Pembantu se Pulau Sulawesi.

Ketua KSP Berkat Kareang Lompo, sapaan akrab HA.Makkasau pada kesempatan itu menyampaikan, momentum Halal bihalal yang dilaksanakan hari ini adalah saling memaafkan, satu sama lain.

Tradisi ini kata Karaeng Lompo adalah tradisi Nusantara dimana silaturahim wajib dilaksanakan tanpa batas, karena melalui silaturahim ini paling tidak bisa mengurangi dari permasalahan yg ada.

Intinya lanjut Andi Makkasau, tujuan dari Halal Bihalal ini, kita saling meemaafkan usai hari raya Idul Fitri, dan Insya Allah melalui kegiatan ini akan mggugurkan dosa yang ada pada hari sebelumnya.

” Tak terasa kita sudah melaksanakan puasa Ramadhan dan juga tak terasa kita sudah masuk pada bulan Mei dan
momentum Halal Bihalal ini adalah evaluasi diri kita agar lembaga ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya. Mari kita terus melakukan pembenahan agar KSP Berkat bisa terus berkembang hingga akhir zaman agar kelak meskipun kita sudah tidak ada, Insya Allah amalan kita tetap mengalir,” pesan Andi Makkasau.

Intinya tambah Andi Makkasau, kebutuhkan yang penting bagi kita hanya dua yaitu kebutuhan dunia dan akhirat.

Diakhir sambutannya Andi Makkasau mengajak seluruh Pengurus dan Karyawan untuk mengintrospeksi diri, apa yang kurang baik pada 1 tahun lalu mari kita perbaiki.

” Dan apa yang belum sempurna, mari kita sempurnakan sesuai ekspektasi kita masing masing. Dan mari kita saling mengingatkan, agar kita bisa berbuat lebih baik dari sebelumnya,” kata Andi Makkasau mengingatkan sambil mengajak seluruh karyawannya untuk memanfaatkan momen Halal Bihalal ini untuk saling memaafkan.

Sementara itu, pembawa ceramah Halal Bihalal Ustadz Muh.Yusuf, yang Ketua Pejuang Subuh Kab. Bantaeng juga menyampaikan, momentum Halal Bihalal ini sangat tepat dilaksanakan usai Ramadhan.

Menurutnya, puasa melatih kita untuk Disiplin, buktinya mskipun makanan, minuman yang ada di rumah kita adalah halal, tetapi haram dikonsumsi pada siang hari selama kita berpuasa sebelum adzan Magrib dikumandangkan. Itu kita tidak langgar karena kita disiplin soal waktu.

Jadi kata Ustadz Yusuf suasana Halal Bihalal harus diterapkan disiplin, utamanya disiplin waktu sholat, Insya Allah berkah.

” Ramadan telah mengajarkan kita jujur. Contoh saat kita berwudu bisa saja minum, karena tidak ada yang melihat. Tapi karena kita berpuasa dan jujur, maka kita tidak mau melanggar. Siapapun orangnya jika tidak jujur, maka tidak akan sukses, sekalipun dia seorang Imam hebat, penghafal Al Quran kalau tidak jujur tidak ada artinya,” katanya.

Kemudian Ramadan juga mengajarkan kita kepekaan sosial, saling memberi saling membantu dan tidak boleh saling lapor.

” Ramadan telah mengajarkan kita saling berbagi menu buka Puasa dan Sedeqah,” tambah Ust.Yusuf.

” Amalan sedeqah sangat bagus. Kalau Ibadah Umroh yang nikmati cuma kita tetapi kalau Sedeqah bisa dinikmati orang lain, membahagiakan orang lain,” tambahnya lagi.

Dan dipenghujung acara Ketua KSP Berkat Dr.Ir.H.A.Makkasau,MM bersama isteri dan diikuti para pengurus, dewan pengawas berdiri berjejer, sambil satu persatu Karyawan KSP Berkat naik bersalaman saling memaafkan diiringi Salawat Badar. – Suaedy.-

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya