Oleh : Usdar Nawawi

Kakak Gubernur Rangkap Jabatan, Salahnya Tauwwa Dimana Iyee ?

05 June 2022 16:29
Kakak Gubernur Rangkap Jabatan, Salahnya Tauwwa Dimana Iyee ?

BugisPos, Makassar — Sejak Jumat kemarin, nama Andi Sumardi Sulaiman, Kepala Bapenda Provinsi Sulsel, menjadi ramai disebut-sebut di medsos.

Sebaran di medsos tersebut, mengesankan sikap kontra atas penunjukan Andi Sumardi mejabat sebagai Plt Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulsel.

Pertanyaannya ialah, dengan penunjukan tersebut, letak salahnya dimana ? Dia kompeten, memenuhi syarat administrasi, dan yak punya halangan untuk menjabat pelaksana tugas, dam tak ada aturan yang melarang kakak kandung gubernur untuk menjabat Plt Kadis ESDM Sulsel.

Apa salah karena Andi Sumardi adalah kakak kandung gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Yang jelas, penunjukan Andi Sumardi jadi Plt Kadis ESDM, unruk waktu enam bulan ke depan, tak ada bedanya dengan pejabat lainnya yang rangkap jabatan.

Contohnya banyak, Hasan Basri Ambarala, Staf Ahli Gubernur, ya dia pernah rangkap jabatan Plt Kadis Sosoal.

Dan sejumlah pejabat eselon II di antaranya banyak yang pernah ditunjuk oleh gubernur Andirman Sulaiman.

Dan mereka tidak diutak-atik di medsos atau dimanalah. Nereka adem-adem saja.

Tetapi ketika Andi Sumardi ditugasi rangkap jabatan, hebohnya luar biasa. Hebohnya menyita perhatian publik. Padahal Kepala BKD Sulsel, Imran Jausi, sudah berbusa-busa menjelaskan ke publik, bahwa rangkap jabatan Andi Sumardi Sulaiman, sudah sesuai prosedur, sudah memenuhi aturan, dan BKD menjalankan proses admistrasi dan pelantikan.

Begitu dilantik oleh gubernur, ya urusannya jadi selesai.

Kini Andi Sumardi mesti kerja keras memimpin dua instansi yang strategis. Tak bisa dengan sembarang orang, apalagi kalau mereka yang di kepalanya melulu uang ji yang dipikir.

Mestinya jangan suka pikir bagaimana mengambil uang dari negara. Padahal mestinya berfikir bagaimana mengahasilkan uang untuk negara.

Bahwa Andi Sumardi baiknya tak perlu diutak-atik.

Biarkan dia menjalankan tugasnya dengan baik.

Nanti di akhir masa jabatannya 6 bulan ke depan, ya silahkan datang tanya ke Andi Sumardi, apa yang sudah dilakukan di Dinas ESDM Sulsel.

Selamat mengemban 2 tugas penting Andi Sumardi ***

Bugispos.com adalah media online yang
menyajikan berita terbaru dan populer, baik hukum, kriminal, peristiwa, politik, bisnis, entertainment, event serta berita lainnya